Kompas.com - 30/05/2020, 08:38 WIB
Pantai Tanjung Kelayang, Belitung ShutterstockPantai Tanjung Kelayang, Belitung

KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyusun langkah pemulihan sektor pariwisata di daerah itu selepas pandemi virus corona.

"Kami melihat situasi ini karena Belitung sempat nol kasus penyebaran COVID-19. Jadi, kalau nol kasus maka di bulan Juli akan dibuka," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Jasagung Hariyadi di Tanjung Pandan, Kamis, dikutip dari Antara.

Baca juga: 117 Tempat Wisata di Riau Akan Dibuka, Protokol Kesehatan Disiapkan

Menurut Jasagung, hal itu sejalan dengan rencana pemerintah pusat terkait adanya wacana pembukaan kembali tempat wisata di empat provinsi seperti Bali, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bangka Belitung guna menyambut "new normal" atau normal baru.

"Termasuk Kabupaten Belitung di dalamnya ada tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang yang akan dibuka kembali ketika new normal nanti," ujarnya.

Untuk itu, kata Jasagung, Dinas Pariwisata Belitung akan membuka kembali destinasi pariwisata secara terbatas dan bertahap dengan memastikan penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Baca juga: Wisata Bukittinggi Buka Kembali, Wisatawan Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihaknya memastikan penerapan konsep Cleanliness, Healthy, dan Safety (CHS) di sejumlah tempat wisata yang telah dibuka kembali dapat dijalankan dengan baik.

"Konsep itu akan kami terapkan di tempat wisata yang terbatas," katanya.

Jasagung menambahkan, rencana pemulihan akan dilakukan pada Juli hingga Desember 2020 seperti standarisasi destinasi dengan protokol CHS.

Adapun standar tersebut seperti melibatkan masyarakat dalam penyediaan fasilitas cuci tangan dan pembersihan fasilitas kepariwisataan, serta peguatan SDM dan Kelembagaan.

"Kemudian penyusunan paket wisata, promosi pariwisata, pelaksanaan event pariwisata dan pembukaan tempat wisata secara terbatas," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.