Sulitnya Membuka Kembali Restoran di Yunani Saat Lockdown Berakhir, Seperti Apa?

Kompas.com - 30/05/2020, 16:16 WIB
Seorang pelayan di salah satu restoran di Yunani yang sudah mulai dibuka kembali usai lockdown. AFP / ARIS MESSINISSeorang pelayan di salah satu restoran di Yunani yang sudah mulai dibuka kembali usai lockdown.

KOMPAS.com – Restoran dan kafe di Yunani dibuka lebih awal dari jadwalnya pada Senin (25/5/2020), saat negara tersebut tengah bersiap meluncurkan 'musim wisata'.

Mengutip AFP, Selasa (26/5/2020), 'musim wisata' singkat tersebut merupakan hal yang penting bagi perekonomian Yunani.

Baca juga: Yunani Berencana Datangkan Turis pada Juli 2020

Namun dengan adanya beberapa aturan, membuka kembali restoran dan kafe di era new normal tampaknya menjadi sedikit lebih sulit.

Adapun aturan yang dimaksud adalah jaga jarak yang membatasi bisnis hingga sekitar 50 persen kapasitas. Penempatan meja juga hanya diperbolehkan bagi yang di luar ruangan saja (outdoor table).

Aturan tersebut membuat para pemilik bisnis mempertanyakan kebijaksanaan dalam membuka bisnis kembali usai lockdown selama lebih dari dua bulan.

“Kami harus disinfeksi semuanya sepanjang waktu. Kami harus mempekerjakan seseorang untuk membersihkan, serta mengawasi pelanggan. Namun kami tidak bisa melakukannya,” kata seorang pemilik kafe bernama Vangelis Daskalopoulos, seperti mengutip AFP.

Daskalopoulos mengatakan bahwa mereka tidak tahu bagaimana akan mengelola hal tersebut. Dia khawatir akan virus corona, namun dia harus menjaga agar bisnisnya tetap berjalan.

Kesulitan dalam membuka kembali restoran dan kafe juga disebabkan oleh kewajiban menjaga jarak antar kursi.

Jarak minimumnya adalah 70 cm hingga 1,7 meter. Setiap meja juga hanya boleh diisi maksimum enam orang.

Terlepas dari rasa waswas beberapa orang seperti Daskalopoulos, para pelanggan senang akan kesempatan untuk bersosialisasi lagi di kafe.

Seorang pelanggan sedang makan di salah satu restoran di Yunani yang sudah mulai dibuka kembali usai lockdown.AFP / ARIS MESSINIS Seorang pelanggan sedang makan di salah satu restoran di Yunani yang sudah mulai dibuka kembali usai lockdown.

Halaman:


Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X