Pemprov Sumbar Minta Daerah Siapkan Protokol Wisata Era New Normal

Kompas.com - 31/05/2020, 15:00 WIB
Jam Gadang, bangunan ikonik di Bukittinggi. SHUTTERSTOCK/KIWIGRAPHY STUDIOJam Gadang, bangunan ikonik di Bukittinggi.

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menginstruksikan setiap kota dan kabupaten di daerah itu agar segera menyiapkan konsep wisata yang akan diterapkan dalam tatanan kehidupan normal yang baru ( new normal).

Baca juga: Tempat Wisata di Pesisir Selatan Sumbar Kembali Dibuka

"Gubernur sudah minta setiap kepala Dinas Pariwisata di semua kota dan kabupaten agar siapkan konsep wisata dalam 'new normal'," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial di Bukittinggi, Sabtu (30/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Instruksi tersebut, ujarnya telah ditanggapi oleh Bukittinggi, Pariaman, dan Pesisir Selatan yang telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) di daya tarik dan atraksi wisata.

Dalam kenormalan baru syarat yang mesti dipenuhi oleh wisatawan adalah memastikan diri dalam kondisi sehat dan lolos dari pemeriksaan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, bagi yang dari luar Sumbar, harus memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) dan keterangan hasil swab polymerase chain reaction (PCR) serta lolos pemeriksaan protokol Covid-19 di perbatasan.

Bagi obyek wisata, harus memenuhi ketentuan petugas dipastikan kondisi sehat, menyediakan alat pengukur suhu tubuh, sarana pencuci tangan, dan prosedur pengaturan keramaian.

Hal lainnya adalah pengaturan jam operasional sesuai jam pelayanan kesehatan dan memiliki tim terpadu beranggota dinas kesehatan, dinas pariwisata, dan pihak keamanan.

Air terjun Lembah Anai, Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tanah Datar, Sumatera BaratKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Air terjun Lembah Anai, Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Tanah Datar, Sumatera Barat

Turis lokal

Ia menerangkan meski Sumbar segera menerapkan tatanan kenormalan baru namun dalam bidang pariwisata yang paling mungkin diharapkan hanya kunjungan dari warga di dalam Sumbar.

Kunjungan wisatawan mancanegara, menurutnya, diperkirakan hingga akhir 2020 tidak akan banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X