Restoran di Italia Buka Kembali tapi Pemiliknya Malah Resah, Kenapa?

Kompas.com - 02/06/2020, 07:27 WIB
Ilustrasi restoran di Turin, Italia buka kembali setelah tutup selama lebih kurang 2 bulan. SHUTTERSTOCK/MIKE DOTTAIlustrasi restoran di Turin, Italia buka kembali setelah tutup selama lebih kurang 2 bulan.

KOMPAS.com - Restoran, kafe, dan bar di Italia buka kembali sejak 18 Mei 2020 setelah sebelumnya tutup selama lebih kurang 2 bulan.

Mengutip The Guardian, warga Italia pun akhirnya bisa makan dan ngopi lagi di luar. 

Namun di balik keputusan pemerintah mengizinkan beragam usaha untuk buka kembali, terdapat keresahan dari pemilik restoran.

Baca juga: Italia Mulai Buka untuk Turis Asing pada Juni 2020

Salah satu kekhawatiran pemilik restoran adalah bila tempat mereka sepi pengunjung. Seperti kafe Bar Paradise yang berada dekat dengan stadion bola Milan.

Menurut Zecchillo, pemilik Bar Paradise, ketika pertama dibuka kembali jumlah pelanggannya hanya 1/4 dari sebelum adanya corona.

Mengingat jumlah kasus positif corona di Lombardy sendiri sebanyak 300 orang pada 17 Mei 2020 saja. Lombardy merupakan kawasan tempat Milan berada.

Ilustrasi pemilik restoran memprotes aturan buka kembali dengan setengah kapasitas untuk jumlah pelanggan yang dibatasi, (8/5/2020). SHUTTERSTOCK/PHOTO-LIME Ilustrasi pemilik restoran memprotes aturan buka kembali dengan setengah kapasitas untuk jumlah pelanggan yang dibatasi, (8/5/2020).

"Sebuah bar tidak seperti bus yang bisa diberi tanda 'x' pada kursinya," ujar Zecchillo seperti dikutip dari Independent.co.uk.

Bahkan kala itu, ada pelanggan yang bertengkar di kafe milik Zecchillo. Pasalnya salah seorang customer menarik kursinya terlalu dekat ke kursi pelanggan lain.

"Orang-orang datang ke kafe untuk bersantai. Namun mereka tak dapat bersantai dalam keadaan seperti ini," lanjut Zecchillo.

Keresahan yang sama juga dirasakan oleh Enrica Sutrini, pemilik restoran Zia Rilla di Roma.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X