Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Foto Bukit Alas Bandawasa Ramai Pengunjung, Ini Kata Salah Satu Pengunjung

Kompas.com - 02/06/2020, 20:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini, foto tempat wisata Bukit Alas Bandawasa, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor sempat viral di media sosial.

Hal ini lantaran foto menunjukkan ramainya pendaki di Bukit Alas Bandawasa saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlaku. Penerapan PSBB di Kabupaten Bogor sendiri diperpanjang hingga 4 Juni 2020.

Salah seorang pengunjung bernama Hadizah Ika menuturkan kepada Kompas.com, Selasa (2/6/2020), mengaku bahwa kondisi pada Minggu (31/5/2020) tidak terlalu ramai.

“Kondisi pada saat itu tidak terlalu ramai. Kebetulan kami ke sana untuk berkemah. Intinya kita diperbolehkan masuk saat keadaan kita sehat,” tutur Hadizah.

Ia mengaku saat datang, pihak pengelola menerapkan prosedur kesehatan, salah satunya yaitu wajib pakai masker.

“Tenda pun berjarak. Tidak desak-desakan. Kami juga diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak. Tidak berdesak-desakan. Banyak yang pakai masker,” imbuhnya.

Hadizah tiba di Bukit Alas Bandawasa pukul 17:30 WIB. Pada saat itu, dia mengatakan bahwa tidak ada pembubaran sama sekali.

Hal ini disebabkan karena orang-orang yang berada di sana tidak terlalu ramai. Bahkan, lahan untuk berkemah pun masih ada yang kosong.

“Saat saya ke sana juga tidak sangat ramai pendaki yang datang. Saya datang pukul 17:30 WIB, kebanyakan orang yang datang hanya untuk foto-foto saja,” kata Hadizah.

Pengunjung dibubarkan

Sebelumnya, dua akun Instagram Bukit Alas Bandawasa @bukit_alasbandawasabogor dan @bukit_alasbandawasa mengunggah sebuah pengumuman. Masing-masing mengunggah pada 25 Maret dan 27 Maret.

Melalui pengumuman tersebut, pihak pengelola mengatakan bahwa mereka menutup sementara bukit perkemahan mulai Selasa, 24 Maret hingga waktu yang belum ditentukan.

Mereka akan dibuka kembali menunggu adanya instruksi atau evaluasi bersama semua pihak, dan perkembangan situasi yang ada.

Kendati demikian, akun Instagram @ojalinoza mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Bukit Alas Bandawasa diramaikan oleh para pendaki.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Stay healthy y Guys demi kebaikan bersama

A post shared by Bukit Alas Bandawasa Camp (@bukit_alasbandawasa) on Mar 26, 2020 at 2:08pm PDT

Kompas.com mencoba menghubungi akun Instagram tersebut untuk bertanya lebih lanjut. Namun hingga berita ini ditulis, kami tidak mendapat jawaban.

Kendati demikian, melalui laman komentar, dia menuturkan bahwa foto diambil pada Minggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com