Naik Roller Coaster di Jepang, Pengunjung Bakal Dilarang Berteriak

Kompas.com - 03/06/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi roller coaster di Universal Studios Japan. SHUTTERSTOCKIlustrasi roller coaster di Universal Studios Japan.

KOMPAS.com – Banyak peraturan dan protokol baru yang diterapkan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) saat menyambut new normal.

Kendati demikian, terdapat satu panduan khusus yang dikeluarkan oleh operator taman hiburan Jepang yang mungkin sulit diterapkan.

Baca juga: Kabar Ongkos Wisata Turis Asing Dibiayai Pemerintah Jepang, Dibantah Japan Tourism Agency

Mengutip Lonely Planet, asosiasi taman hiburan Jepang, East Japan and West Japan Theme Park Associations mengeluarkan sebuah pedoman untuk menjamin keselamatan karyawan dan pengunjung.

Asosiasi tersebut beranggotakan lebih dari dari 30 operator taman hiburan di seluruh negara. Beberapa anggotanya adalah Tokyo Disneyland, DisneySea, dan Universal Studios Japan.

Ilustrasi roller coaster di Universal Studios Japan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi roller coaster di Universal Studios Japan.
Sebelumnya, taman hiburan besar di Jepang sudah ditutup sejak Februari 2020. Pedoman dikeluarkan mengikuti kembalinya dibuka negara tersebut secara bertahap.

Salah satu bagian dari Pedoman untuk Mencegah Penyebaran Infeksi Virus Corona menyatakan bahwa pengunjung yang naik roller coaster atau atraksi wisata serupa, harus mengenakan masker.

Baca juga: 850 Gerai Starbucks di Jepang Buka Kembali secara Bertahap, Ada yang Beda?

Mereka juga dianjurkan untuk tidak berteriak dan menjerit selama mengendarainya. Anjuran tersebut mungkin terbilang sulit.

Sebab, perjalanan roller coaster cenderung menyebabkan seseorang untuk menjerit ketakutan, gembira, atau kaget.

Ilustrasi roller coaster di Universal Studios Japan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi roller coaster di Universal Studios Japan.
Sementara itu langkah-langkah protokol kesehatan lainnya tetap diterapkan, termasuk peningkatan langkah sanitasi, pemeriksaan suhu tubuh secara rutin, dan jaga jarak.

Baca juga: Lucu Banget! Kafe Kebun Binatang di Jepang Dipenuhi Boneka Kapibara untuk Jaga Jarak

Jika pengenaan masker dirasa sulit bagi para karyawan pada situasi tertentu saat bekerja, karyawan dianjurkan untuk menjaga jarak dari pengunjung setidaknya satu meter.

Panduan tersebut juga menganjurkan agar obrolan dilakukan sesingkat mungkin dan menggantinya dengan kombinasi senyuman lewat mata serta gestur tangan untuk berkomunikasi dengan pengunjung.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X