Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelas Online Buat Kue dan Roti Gratis untuk Perempuan yang Suaminya Terkena PHK

Kompas.com - 03/06/2020, 10:14 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Selama masa pandemi corona, banyak sekali kelas online yang dibuka untuk umum tanpa biaya yang diselenggarakan banyak pihak.

Tujuannya saling membantu satu sama lain untuk tetap selamat melalui pandemi ini.

Salah satu yang berinisiatif mengadakan kelas online gratis adalah Chef Patissier, Risa Andithia

Baca juga: Resep dan Tips Membuat Roti Sourdough, Mulai Bikin Starter sampai Panggang Roti

Risa yang juga instruktur baking ini melalui akun Instagram-nya @risaandithia mengunggah informasi soal Online Class For Help. 

Kelas online ini ia selenggarakan khusus untuk ibu-ibu yang suaminya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan mereka tidak punya pekerjaan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#Repost @pan_de_kiran_japan with @make_repost ??? With most talented and beautiful chef friend @risaandithia in Indonesia. ??????????????????????????????@bienvert721 ?4?29???5?6????????????????‍??????‍??????‍?? 5?7??????????????????????????????????? ??????????????… ?????????? ???????????? ???????????? ???????????????????? ??????????? ??????????????????? ? ? ??????????????? ? ? ? ????????????????? ????????????? ??????????????? ?????????????????????-2m- ? ? ????????????????? ??????????????? ? ? . Welcome to @bienvert721 at hitachiota city ibaraki ???????????????????????????????? ..... ...... ????????????????????opening hours (9 AM to 4:30 PM ) ?????????????? 0294--85-- 7474 ?????????????????????????? ????????????Open every day (except new year holidays and second week of Tuesday every month)???????????? ???????????????????????? . (Two and half hours from Tokyo station ???????? ????) ???????????????????????? .#pastry_inspiration #croissants #pastryelite #pastrychef #Pastry #baguettes #tokyo #chefroll #croissants #???? #???? #??????? #?? #?????? #???? #?????? #work #travelgram #??????#????????#?????????#???????????? #roti #???? #?????? #????????? #??? #??? #?????

A post shared by risa andithia (@risaandithia) on Apr 29, 2020 at 7:52pm PDT

“Saya hanya punya ilmu, jadi saya hanya bisa bagikan ilmu saya saja untuk mereka yang sedang kesusahan. Saya bimbing sampai bisa bikin dan mulai usaha sendiri,” ujar Risa pada Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

“Kondisi sekarang banyak orang kesusahan. Saya hanya ingin menyemangati saja supaya mereka enggak putus asa. Masih banyak jalan untuk bisa bertahan,” lanjutnya.

Baca juga: Resep Susu Kurma, Mudah Dibuat Hanya Perlu 4 Bahan

Kelas online ini sudah berlangsung sebanyak dua sesi.

Sesi pertama diadakan sejak 19 Mei lalu dan untuk kelas kedua, sekarang sedang dalam proses seleksi. Kemungkinan kelas akan dimulai pada pekan kedua Juni. 

Sistem penyelenggaraan kelas online ini menggunakan aplikasi Telegram. Bentuknya seperti kelas belajar kelompok online dengan Risa sebagai gurunya.

Dalam grup tersebut, Risa sudah menyediakan video tutorial pembuatan roti.

Ibu-ibu tersebut bisa praktik kapan saja dipandu video tersebut.

Risa memang telah menyiapkan sendiri video tersebut, ia merekam proses pembuatan roti dan kuenya menggunakan ponsel.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Siomay Ayam Udang, Bisa Jualan Online

“Karena kebanyakan mereka enggak punya uang untuk langsung beli bahan. Jadi saya membebaskan mereka kapan pun mereka bisa beli bahan dan baru bisa praktik dan konsultasi akan tetap saya layani,” jelas Risa.

Materi untuk kelas sesi pertama adalah pembuatan roti tanpa ulen tangan dan mixer. Itu ia piliha agar peserta yang tak memiliki mixer tetap bisa membuat roti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com