Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Aturan Naik Pesawat Citilink di Era New Normal

Kompas.com - 04/06/2020, 15:47 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink menerapkan protokol kesehatan pada era New Normal. Ada tiga fase yang diterapkan Citilink di era New Normal yaitu Pre Flight, In Flight hingga Post Flight.

Adapun tiga fase tersebut mulai dilakukan pada penerbangan untuk penumpang yang beroperasi Senin (1/6/2020).

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Direktur Utama Citilink, Juliandra mengatakan, Citilink telah memulai kembali melayani 104 penerbangan ke 21 kota pada hari Senin.

"Citilink hari ini memulai kembali melayani penerbangan reguler penumpang sebanyak 104 penerbangan ke 21 kota dengan menerapkan prosedur New Normal dan tetap mengutamakan aspek safety, kesehatan dan kenyamanan penumpang," kata Juliandra seperti dikutip rilis.

Pre Flight

Juliandra menjelaskan ketiga fase New Normal Citilink, dimulai dari Pre Flight. Ia mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan pihak KKP dan pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat di setiap bandara untuk memeriksa dan memverifikasi kelengkapan dokumen penumpang.

Citilink juga memastikan penumpang yang terbang sedang berada dalam kondisi sehat dengan mewajibkan penumpang untuk menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 (hasil test PCR atau rapid test).

Baca juga: Tambah Lagi Syarat Dokumen Naik Pesawat ke Jakarta, Harus Punya SIKM

"Citilink juga memberikan jarak antrean untuk penumpang dalam melakukan check-in di check-in counter serta menyediakan fasilitas web check-in atau pun melalui mesin self-check-in yang disediakan di bandara," jelasnya.

Maskapai juga menerapkan New Boarding Management untuk mengatur jarak dalam antrean selama proses boarding guna menghindari penumpukan penumpang.

CitilinkDok. Citilink Citilink

In Flight

Fase kedua yaitu In Flight, Citilink menerapkan standar baru dalam pesawat selama penerbangan di antaranya pengaturan tempat duduk, seluruh penumpang dan crew diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

Selain itu tersedia juga hand sanitizer di seluruh pesawat, proses penyajian makanan dan minuman dengan tata cara yang higienis.

Adapun majalah cetak di penerbangan pun juga ditiadakan, dan diganti dengan inflight magazine elektronik yang dapat diunduh di gawai masing-masing melalui entertainment system.

Citilink juga mengatur jarak penumpang saat proses keluar pesawat atau disembark.

Post Flight

Fase ketiga yaitu Post Flight, Citilink melakukan pengaturan jarak saat pengambilan bagasi di area kedatangan dengan tetap menerapkan prosedur pemeriksaan dan pencocokan terhadap bagasi yang keluar.

"Dalam rangka menjaga kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat, Citilink juga melakukan disinfeksi pada seluruh pesawat yang beroperasi setiap harinya sesuai dengan prosedur yang berlaku serta melengkapi armada dengan sistem penyaring udara HEPA untuk menyaring debu serta berbagai bahan pencemar udara, termasuk virus dan bakteri," ungkap Juliandra.

Citilink akan terus melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholders terkait serta melakukan pengawasan ketat di seluruh lini operasional perusahaan.

Hal ini untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengedepankan kenyamanan dan kesehatan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com