5 Hal yang Sering Ditanya Masyarakat Kepada AP II, Apa Saja?

Kompas.com - 04/06/2020, 22:05 WIB
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), banyak hal yang ditanyakan oleh masyarakat kepada PT Angkasa Pura (AP II) seputar penerbangan.

EGM of Airport Service Division AP II, Anindita Galuh Wardhani, melalui keterangan pers yang Kompas.com terima, Kamis (4/6/2020), menuturkan, pertanyaan yang disampaikan adalah seperti apa prosedur di bandara AP II di tengah pandemi.

Baca juga: Penumpang Wajib Bawa Surat Negatif Covid-19 Saat Tiba di Bandara Lombok

“Pada Mei 2020 ada sekitar 6.000 pertanyaan yang disampaikan tentang berbagai hal di antaranya mengenai prosedur di bandara AP II di tengah pandemi," kata Anindita.

"Secara umum, terdapat 5 informasi yang paling sering ditanyakan mengenai prosedur tersebut,” lanjutnya.

Lantas, apa saja pertanyaan tersebut? Berikut daftar 5 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat terkait prosedur di bandara di tengah pandemi virus corona.

1. Prosedur kedatangan WNI dan WNA dari luar negeri

Sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020, prosedur yang harus dijalani penumpang pesawat internasional saat tiba di bandara adalah:

Pemeriksaan kesehatan tambahan:

  • Wawancara.
  • Pemeriksaan suhu, tanda dan gejala Covid-19.
  • Pemeriksaan saturasi oksigen.
  • Pemeriksaan uji cepat dan/atau PCR bagi yang tidak membawa health certificate dengan hasil PCR negatif yang masih berlaku.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X