Uniknya Sawah Jaring Laba-laba dan Terasering di Manggarai Timur

Kompas.com - 09/06/2020, 16:10 WIB
Sawah Lodok di Manggarai Timur, NTT Pankrasius PurnamaSawah Lodok di Manggarai Timur, NTT

BORONG, KOMPAS.com - Sawah Kolot dan Sawah Belang adalah Persawahan di Desa Golonderu, Kecamatan Kotakomba, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sawah- sawah ini memiliki keunikan karena petak sawah yang berbentuk terasing ini berlokasi di lereng-lereng bukit. Desa Golonderu sendiri merupakan desa paling utara di Kotakamba, dekat perbatasan dengan Kecamatan Elar Selatan.

Baca juga: Wisata Flores, 9 Pantai Tersembunyi di Pesisir Selatan Manggarai Timur

Desa Golo Nderu memiliki beberapa anak Kampung yaitu Kampung Taga, Koit, Lantong, Perong, Pejek dan beberapa anak kampung lainnya.

Pemandangan indah sawah milik masyarakat Desa Golo Nderu adalah persawahan terunik di wilayah utara dari Kabupaten Manggarai Timur. Belum banyak yang mengenal keunikan persawahan ini.

Jika kamu ingin mengunjungi desa ini, harus melewati ruas jalan yang cukup rusak serta melewati Kali Wae Ghera.

Sawah Lodok di Manggarai Timur, NTTPankrasius Purnama Sawah Lodok di Manggarai Timur, NTT

Kali Wae Ghera salah satu kali yang menghubungkan Desa Rana Mbeling dengan Desa Golonderu serta beberapa Desa di Kecamatan Elar Selatan.

Pankrasius Purnama, penjelajah lokal Kabupaten Manggarai Timur yang kerap berkeliling Floers menuturkan pada Kompas.com, Selasa (14/4/2020), bahwa tanah di Desa Golo Nderu juga menghasilkan beberapa hasil komoditas.

Komoditas itu seperti kopi, kacang tanah, kacang buncis, kacang bali, dan beberapa jenis kacang lainya serta Halia.

Namun warga setempat harus rela melakukan perjalanan berjam-jam ke ladang mereka karena akses jalan tani belum memadai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X