Perbatasan Uni Eropa Mulai Dibuka pada Juli 2020

Kompas.com - 10/06/2020, 14:30 WIB
Ilustrasi Jerman - Kastil Neuschwanstein. PIXABAYIlustrasi Jerman - Kastil Neuschwanstein.

KOMPAS.com – Perbatasan Uni Eropa (UE) akan tetap ditutup hingga 1 Juli 2020. Namun, Eropa akan mulai dibuka kembali kepada dunia pada bulan tersebut.

Mengutip Forbes, Jumat (5/6/2020), sebelumnya terdapat berbagai macam spekulasi apakah perbatasan akan dibuka kembali atau tidak kepada wisatawan pada 15 Juni.

Baca juga: Imbas Wabah Corona, Paspor Uni Eropa Tak Sekuat Sebelumnya?

Kendati demikian, larangan perjalanan Eropa yang diberlakukan sejak 17 Maret 2020 akan diperpanjang hingga dua pekan.

Hal tersebut akan mengeliminasi perjalanan bagi wisatawan asing ke sebagian besar negara UE selama dua pekan setidaknya dari pertengahan Juni, jika anggota UE melaksanakan keputusan tersebut.

Larangan ini berlaku bagi 30 negara. Adapun 26 di antaranya adalah anggota UE, ditambah empat anggota Schengen yakni Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.

Ilustrasi Italia - Cathedral of Santa Maria del Fiore di Firenze, Italia.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Italia - Cathedral of Santa Maria del Fiore di Firenze, Italia.

Para pemerintah di Eropa tidak perlu mengikuti rekomendasi tersebut. Namun, saat larangan perjalanan diperpanjang selama 30 hari pada April dan Mei, semua mengikutinya.

Komisaris urusan dalam negeri UE, Ylva Johansson, menuturkan, memperbarui larangan perjalanan adalah keputusan yang bulat.

“Hampir semua negara anggota mendukung keputusan perpanjangan yang jauh lebih singkat,” kata Johansson, mengutip Forbes.

Baca juga: Liburan ala Legend of The Blue Sea di Spanyol, Jalan-jalan Kelar Corona

Hal tersebut menunjukkan, beberapa negara mungkin membuat keputusan sendiri dan mengizinkan wisatawan asing masuk sebelum tanggal yang ditentukan.

Yunani, misalnya. Mereka menyambut wisatawan mulai 15 Juni. Namun, wisatawan Amerika, Britania Raya, dan negara lainnya harus menjalani karantina selama 1 – 2 minggu.

Sementara mulai 1 Juli, pariwisata secara keseluruhan akan dimulai kembali. Sama halnya dengan penerbangan internasional.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Forbes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X