Belitung Buka Penerbangan Penumpang 15 Juni

Kompas.com - 11/06/2020, 08:00 WIB
Mercusuar Lengkuas, Belitung. SHUTTERSTOCK/AGUS SYAFIUDINMercusuar Lengkuas, Belitung.

BELITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membuka kembali penerbangan bagi penumpang ke daerah itu pada 15 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Penerbangan reguler untuk penumpang akan coba kami buka kembali pada 15 Juni," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh usai menggelar rapat dengan perwakilan maskapai di Tanjung Pandan, Rabu (10/6/2020), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Pariwisata Belitung Buka Juli, Langkah Pemulihan Disiapkan

Menurut dia, tahap pertama penerbangan untuk penumpang yang kembali dibuka adalah rute Jakarta menuju Belitung sebanyak satu kali penerbangan dalam sehari.

"Jadi kalau ada enam maskapai nanti mereka akan mengatur jadwalnya secara merata, intinya hanya satu kali penerbangan dalam sehari," ujarnya.

Dikatakan dia, persyaratan bagi calon penumpang adalah wajib mengikuti protokol kesehatan seperti melampirkan hasil tes uji cepat Covid-19 maupun hasil tes swab.

Tiba di bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu (9/11/2019).KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Tiba di bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu (9/11/2019).

"Mengisi identitas mereka (penumpang) melalui aplikasi di bandara keberangkatan, tujuannya dalam rangka keperluan apa ke Belitung misalnya apakah urusan bisnis, pekerjaan, wisata atau pulang kampung ke Belitung," ujarnya.

Baca juga: Tur Virtual ke Belitung Bisa Beli Oleh-oleh, Yuk Ikuti Caranya

Bupati Sahani menambahkan, isolasi mandiri selama 14 hari tetap diberlakukan bagi penumpang dengan tujuan pulang kampung ke Belitung yang selama ini mungkin tertahan di luar daerah dan tidak bisa pulang akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, untuk wisatawan cukup mengikuti protokol normal baru yang telah disiapkan seperti protokol transportasi, protokol perhotelan, dan protokol berwisata.

"Bagi yang pulang kampung ke Belitung tetap isolasi mandiri walaupun mereka membawa hasil 'rapid test' dari sana, nanti akan dipantau dan setiap tiga hari sekali akan dirapid test," katanya. (Kasmono/Nusarina Yuliastuti)

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X