Mau Naik Kereta Api? Ini Cara Beli Tiket KA Offline dan Online

Kompas.com - 11/06/2020, 13:20 WIB
Loket pemesanan tiket kereta api di Stasiun Gubeng, Surabaya. Dok. PT KAI Daop 8 SurabayaLoket pemesanan tiket kereta api di Stasiun Gubeng, Surabaya.


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan KA Lokal Reguler untuk masyarakat mulai 12 Juni 2020.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi mengatakan, bagi penumpang yang ingin membeli tiket kereta dapat memesan melalui online, dan membelinya langsung di stasiun atau offline.

"Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA," kata Maqin seperti dikutip rilis, Rabu (10/6/2020).

Bagi para calon penumpang atau masyarakat yang ingin menggunakan kereta api, wajib menyertakan dokumen lengkap persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020.

Baca juga: Catat, Jadwal KA Reguler Per 12 juni 2020

Berkas-berkas tersebut harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding.

Adapun ketentuannya yaitu menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Selain itu, menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan atau Rapid Test.

Penumpang juga harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler.

Berikut Kompas.com rangkum cara membeli tiket kereta api baik offline maupun online

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X