Layanan Tes Covid-19 Traveloka, Tersedia di 44 Kota dan Kabupaten

Kompas.com - 12/06/2020, 09:35 WIB
Petugas puskesmas nampak mengambil sampel darah seorang tenaga pendidikan di Kota Madiun untuk dilakukan rapid test Covid-19. KOMPAS.COM/Dokumentasi Kominfo Kota MadiunPetugas puskesmas nampak mengambil sampel darah seorang tenaga pendidikan di Kota Madiun untuk dilakukan rapid test Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com – Traveloka bekerjasama dengan sejumlah layanan kesehatan untuk menghadirkan layanan tes Covid-19 di dalam platformnya.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Kamis (11/6/2020), layanan kesehatan tersebut antara lain adalah Prodia, Klinik Pintar, dan Biotest.

Hadirnya layanan tersebut membuat Traveloka menjadi platform satu pintu yang memungkinkan pengguna tidak hanya memesan tiket pesawat dan hotel.

Baca juga: Beli Tiket Pesawat di Tiket.com Bisa Sekalian Rapid Test, Ini Caranya

Kamu juga bisa memenuhi protokol kesehatan wajib untuk melakukan perjalanan di masa pandemi virus corona.

Layanan tes Covid-19 mencakup layanan uji tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dan Rapid Test.

Kamu bisa akses layanan melalui Traveloka Xperience pada kategori produk Pelengkap Travel (Travel Essentials).

Dengan kemitraan yang luas, layanan tersebut hadir bagi pengguna yang berada di 44 kota dan kabupaten di Indonesia melalui aplikasi, situs resmi, atau mobile web Traveloka secara bertahap mulai 10 Juni 2020.

Baca juga: Lion Air Group Kembali Terbang Mulai 10 Juni, Catat Syaratnya

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), salah satu syarat bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi umum darat, laut, atau udara harus memenui persyaratan wajib.

Salah satu persyaratan wajib untuk melakukan perjalanan adalah dengan menunjukkan surat keterangan uji tes bebas Covid-19.

Surat tersebut dapat berupa uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari, atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non-reaktif yang berlaku tiga hari pada saat keberangkatan.

"Inisiatif ini memberi kemudahan ekstra kepada para pengguna, di mana pemesanan tiket transportasi umum dan penjadwalan uji tes Covid-19 dapat dilakukan sekaligus menggunakan platform Traveloka," kata Andhini Putri, Head of Marketing, Transport Traveloka.

Baca juga: Belitung Buka Penerbangan Penumpang 15 Juni

Selanjutnya, dia menuturkan, inisiatif ini merupakan dukungan Traveloka terhadap upaya pemerintah dalam memperkuat protokol kesehatan.

Mereka menyediakan akses yang mudah bagi pemenuhan kebutuhan kelengkapan dokumen bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan, khususnya yang menggunakan moda transportasi umum.

“Kami juga memberikan informasi seputar kelengkapan berkas dan dokumen perjalanan yang dibutuhkan melalui in-apps communication yang akan muncul ketika pengguna mengakses laman pencarian produk transportasi,” tutur Andhini.

Baca juga: Qatar Airways Pulihkan Penerbangan, Kini Terbang ke 40 Destinasi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X