Wisatawan Lokal Akan Dominasi Fase Pertama Pembukaan Pariwisata NTT

Kompas.com - 12/06/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo menggunakan kartu anggota tahunan seharga Rp 14 juta per tahun SHUTTERSTOCK/MO WUIlustrasi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo menggunakan kartu anggota tahunan seharga Rp 14 juta per tahun


JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) siap membuka kembali destinasi wisatanya mulai 15 Juni 2020.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Wayan Darmawa menerangkan, pembukaan pariwisata NTT akan dibagi dengan tiga fase.

Pasalnya, pada saat pembukaan nanti belum ada wisatawan nusantara yang berkunjung.

"Jadi karena masih ada kendala dari penerbangan, saya yakin belum ada wisatawan nusantara yang datang ke NTT," kata Wayan dalam webinar ASITA bertajuk "New Normal dan Kesiapan Provinsi Nusa Tenggara Timur Menyambut Wisatawan", Rabu (10/6/2020).

"Maka kami bagi tiga tahapan yang pertama yaitu pariwisata akan dibuka yang mana diprediksi didominasi oleh wisatawan lokal dulu," lanjutnya. 

Fase pertama tersebut, kata Wayan, akan berlangsung selama satu bulan mulai 15 Juni. 2020.

Baca juga: Buka Pariwisata, NTT Bakal Ramai Wisatawan Nusantara

Pada tahapan ini, penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan di seluruh destinasi wisata baik yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun provinsi.

Fase kedua, Wayan berharap penerbangan sudah mulai normal, sehingga wisnus dapat kembali berkunjung ke NTT.

"Kami harap di fase kedua, yaitu 15 Juli ke atas, kami sudah bisa menerima wisatawan nusantara karena penerbangan sudah normal kembali," kata Wayan.

"Pada saat itu, destinasi sudah siap dengan protokol kesehatan, termasuk perhotelan, dan industri pariwisata lainnya," terangnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X