Jaringan Hotel Accor Luncurkan Label Kesehatan #AllSafe

Kompas.com - 13/06/2020, 12:11 WIB
Tipe kamar Superior Room di Ibis Styles Hotel Cikarang. Accor HotelsTipe kamar Superior Room di Ibis Styles Hotel Cikarang.

JAKARTA, KOMPAS.comAccor Hotels luncurkan program Accor #AllSafe. Program tersebut berupa sertifikasi label kebersihan dan perlindungan yang didukung oleh Bureau Veritas.

Bureau Veritas merupakan perusahaan sertifikasi yang memeriksa kualitas, keamanan dan kesehatan, keamanan lingkungan, serta tanggung jawab sosial sebuah produk atau perusahan.

Baca juga: Mau Menginap di Hotel? Ikuti Protokol New Normal Ini..

“Secara general, program ini memperhatikan seluruh protokol kesehatan yang diperlukan. Mulai dari check-in, periode selama tamu stay di hotel, sampai check-out,” kata Adi dalam sebuah konferensi pers virtual, Rabu (10/6/2020).

Bureau Veritas tengah mengecek aturan jaga jarak, kebersihan seluruh kamar, serta makanan yang disediakan.

Adi menuturkan, seluruh properti jaringan Accor Hotels akan menerapkan standar yang telah disiapkan guna memperoleh sertifikasi #AllSafe.

Baca juga: Accor Hotels Siapkan 4 Hotel untuk Tenaga Medis Covid-19

Sertifikasi tersebut, seperti dikatakan oleh Adi, akan membantu calon tamu memahami bahwa seluruh properti mereka memiliki standar yang telah dipenuhi.

Salah satu standar tersebut adalah beberapa staf yang tidak diperkenankan kembali ke rumah guna mengurangi paparan terhadap virus corona.

“Kami berusaha dengan sangat untuk mengurangi paparan bagi karyawan dan juga keluarga mereka. Kami karantina dan bagi jadi tim A dan tim B. Mereka tinggal di hotel,” kata Adi.

Hotel Mercure Cikini yang akan menjadi akomodasi tambahan untuk tenaga medis tangani Covid-19.Dokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Hotel Mercure Cikini yang akan menjadi akomodasi tambahan untuk tenaga medis tangani Covid-19.

Mengutip situs resmi Accor, program #AllSafe diluncurkan pada 15 Mei 2020. Mereka juga memiliki buku panduan yang menginformasikan beberapa poin.

Adapun poin yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Standar kebersihan yang ketat
  2. Pemberian disinfektan secara berkala di seluruh area yang sering disentuh manusia.
  3. Meningkatkan program kebersihan kamar.
  4. Mencuci tirai, seprei, dan karpet dengan temperatur yang tinggi.
  5. Seluruh karyawan akan melalui program pelatihan dan edukasi terkait aspek kesehatan dan kebersihan.
  6. Pelatihan dan edukasi seputar aspek kesehatan dan kebersihan berlaku untuk kelas daring maupun kelas secara langsung.
  7. Seluruh bar, restoran, dan tempat duduk di area publik akan mengikuti aturan jarak yang ditetapkan pemerintah.
  8. Para tamu akan diberikan hand sanitizer, tisu basah, kain untuk mengelap permukaan, dan masker.
  9. Beberapa imbauan akan diletakkan di area yang sering dikunjungi tamu.
  10. Hotel akan berlakukan pemeriksaan suhu tubuh, keset disinfektan di pintu masuk, serta partisi di meja resepsionis.
  11. Pembayaran dan check-in dilakukan secara non-kontak.
  12. Seluruh karyawan yang bertugas mengurusi makanan harus mengenakan masker dan sarung tangan.
  13. Produk sanitasi disediakan di seluruh area restoran.

“#AllSafe untuk membuat para tamu untuk lebih percaya diri saat staycation. Tapi (para tamu) juga harus perhatikan protokol kesehatan,” kata Adi.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X