Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rindu Bukittinggi? Yuk Liburan ke 6 Tempat Wisatanya

Kompas.com - 14/06/2020, 19:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bukittinggi berakhir pada 29 Mei 2020.

Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias, menuturkan, aktivitas yang berkaitan dengan pariwisata seperti perhotelan, restoran, usaha mikro menengan (UMKM), dan lainnya diharap bergerak kembali pada Juni.

Baca juga: Wisata Bukittinggi Buka Kembali, Wisatawan Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Kendati daerah di Sumatera Barat yang baru buka hanya Bukittinggi, namun protokol kesehatan yang telah disiapkan sudah matang sehingga merepa siap menyambut kembali wisatawan.

Jika kamu sudah rindu akan keindahan kota tersebut, berikut daftar 6 tempat wisata yang patut dikunjungi di era new normal yang telah Kompas.com rangkum, Jumat (12/6/2020).

Perlu dicatat bahwa sebelum berlibur, pastikan kondisimu dalam keadaan sehat, serta patuhi seluruh protokol kesehatan yang berlaku di sana agar tidak terpapar virus corona (Covid-19).

1. Jam Gadang

Penana waktu di pusat kota ini sudah berusia lebih dari 90 tahun. Menara jam yang amat tua tersebut masih mempertahankan bentuk aslinya.

Saat berkunjung ke Bukittinggi, rasanya kurang apik jika tidak berfoto dengan ikon wisata kota tersebut. Pelatarannya yang dihiasi taman dengan pepohonan yang dirawat baik bisa jadi latar belakang foto yang menarik.

Baca juga: Dispar Sumbar Simulasikan Kunjungan Wisatawan Era New Normal

Jam Gadang, menurut beberapa catatan sejarah, dibangun pada 1926 setelah Ratu Belanda memberi mesin jam ini kepada Sekretaris Kota Bukittinggi pada saat itu, Rook Maker.

Pembangunannya dilakukan oleh dua orang arsitek setempat, Yazin dan Sutan Gigi Ameh, dengan menghabiskan dana 3.000 Gulden.

Jika ingin mengetahui sejarahnya lebih lanjut, pastikan Jam Gadang masuk dalam daftar tempat wisata yang dikunjungi, ya!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com