Kompas.com - 14/06/2020, 22:01 WIB
Mount Cikuray from Cisurupan, Garut. DOK. Disparbud Kab. Garut/ Gunawan KartapranataMount Cikuray from Cisurupan, Garut.

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa wilayah di Jawa Barat (Jabar) yang masuk ke Zona Biru sudah dibuka kembali pariwisatanya.

Adapun wilayah yang dimaksud adalah Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Garut yang masing-masing sudah buka sejak 5 Juni dan 8 Juni 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Deddy Taufik, menuturkan, meski pariwisata Jabar dibuka secara bertahap, namun semua akan dievaluasi setiap minggu.

“Periode pembukaan pariwisata kita lihat lagi. Kalau disiplin dan tidak terkontaminasi, mereka bisa jalan,” kata Deddy kepada Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga: Garut Kembali Dibuka, Ini Rekomendasi 8 Tempat Wisatanya

Melalui evaluasi tersebut, Deddy bersama Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 akan melihat apakah wilayah dari Zona Biru yang nanti buka ada klaster virus corona baru di satu kawasan.

Jika ada klaster baru, maka wilayah akan berubah menjadi Zona Kuning dan kawasan yang terdeteksi memiliki klaster akan diberlakukan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita cari tahu pakai tim pelacak. Ini siapa yang menyebabkan masalah. Makanya setiap minggu ada evaluasi,” kata Deddy.

Baca juga: Liburan Saat New Normal, Jangan Lupa ke Pantai Pangandaran

Pariwisata tetap berjalan

Kendati suatu wilayah Zona Biru berubah menjadi Zona Kuning karena adanya klaster virus corona di salah satu kawasan--tidak semua kegiatan pariwisata ditutup.

Deddy menuturkan, hanya kegiatan pariwisata di kawasan yang terdeteksi ada klaster virus corona saja yang akan dibatasi sesuai dengan aturan Zona Kuning.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X