Syarat Tempat Wisata di Jabar Bisa Buka, Apa Saja?

Kompas.com - 16/06/2020, 07:15 WIB
Ilustrasi Pangandaran - Pantai Pangandaran. SHUTTERSTOCKIlustrasi Pangandaran - Pantai Pangandaran.

JAKARTA, KOMPAS.com – Jawa Barat (Jabar) berlakukan pembagian zona bagi setiap daerah untuk membuka kembali tempat wisatanya.

Adapun zona yang dimaksud adalah Zona Hijau atau Level 1 Rendah, dan Zona Biru atau Level 2 Moderat.

Hal ini tertera dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 46 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional Sesuai Level Kewaspadaan Daerah Kabupaten/Kota Sebagai Persiapan Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga: Garut Masuk Zona Kuning, Pariwisatanya Tetap Dibuka

Secara umum, kedua zona tersebut masih melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proporsional sesuai level kewaspadaan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Minggu (14/6/2020), aktivitas sekolah, kantor, industri, pasar, dan toko berjalan normal bagi Zona Hijau.

Kendati demikian, mereka harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta aturan jaga jarak.

Sementara di Zona Biru, aktivitas sekolah masih secara daring. Kantor, industri, pasar, dan toko dikurangi jam operasionalnya.

Jumlah karyawan pun dibatasi (work from home 25 persen), dan jumlah pengunjung dibatasi 75 persen.

Baca juga: Liburan Saat New Normal, Jangan Lupa ke Pantai Pangandaran

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X