Wisata Baru di Pulau Bangka, Susuri Sungai Upang

Kompas.com - 16/06/2020, 13:57 WIB
Saat berkunjung ke Sungai Upang, Kabupaten Bangka, kamu bisa menikmati kegiatan susur sungai hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Jumat (6/3/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianSaat berkunjung ke Sungai Upang, Kabupaten Bangka, kamu bisa menikmati kegiatan susur sungai hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Jumat (6/3/2020).

BANGKA, KOMPAS.comSungai Upang yang terletak di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dikembangkan menjadi wisata konservasi. Ini bisa jadi alternatif wisata saat berlibur ke Bangka, pasca pandemi.

Baca juga: 65 Hotel dan Restoran di Bangka Belitung Kembali Buka

“Bertujuan untuk menyelamatkan pelestarian flora kita. Makanya kami memiliki 6 pilar konservasi. Salah satunya adalah Konservasi Kehati atau Konservasi Keragaman Hayati,” tutur Ketua Sahabat Alam Sungai Upang (Salam Upang) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sungai Upang, Hormen, saat kunjungan Kompas.com pada bulan awal Maret 2020 yang lalu.

Konservasi tersebut lebih berfokus pada penanaman tanaman anggrek yang berada di pulau yang terletak di tengah-tengah Sungai Upang.

Saat Kompas.com berkunjung pada Jumat (6/3/2020), terlihat sebuah pulau kecil bernama Pulau Anggrek. Letaknya tepat di seberang dermaga Sungai Upang.

Sungai Upang sendiri memiliki panjang 10 kilometer. Pulau Anggrek merupakan tempat penanaman bunga anggrek dan juga beberapa tumbuhan yang ada di sekitar sungai seperti kayu perupuk.

Sungai Upang, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Sungai Upang, Kabupaten Bangka, Jumat (6/3/2020).
Untuk menuju ke pulau tersebut, wisatawan harus menggunakan sebuah perahu dengan tarif  Rp 5.000 per dua orang.

Sayangnya, saat Kompas.com bertandang, kami tidak bisa menuju ke pulau tersebut karena jalur sungai dekat pulau terhalang oleh rontokkan daun dan tumbuhan pinggir sungai.

Namun, kami sempat melihat beberapa ikan kepuyu, kepatong, betok, sepat, aron, toman, tapah, keperas, baung, dan ikan buntal. Sebagian dari ikan tersebut berada di akuarium kecil dekat sebuah saung.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X