Senyum Pramugari Hanya Bonus, Keselamatan Adalah Nomor Satu

Kompas.com - 17/06/2020, 20:30 WIB
Pramugari Garuda Indonesia Dok. Garuda IndonesiaPramugari Garuda Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia berencana mengubah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi face shield bagi kru kabin pesawat termasuk pramugari.

Hal tersebut lantaran Garuda Indonesia menerima keluhan penumpang. Mereka mengaku tidak lagi bisa melihat senyum pramugari karena tertutup APD.

Menanggapi hal ini, pengamat penerbangan Alvin Lie menerangkan, bukan masalah jika penumpang tidak lagi bisa melihat senyum pramugari dan kru kabin lain.

"Senyum dari pramugari itu bukan tugas utama, itu bonus. Tugas utama mereka ya menjamin dan membantu penumpang untuk keselamatannya dulu," kata kata Alvin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

"Keselamatan itu nomor satu, keselamatan keamanan, baru terakhir kenyamanan. Senyuman ini bagian dari yang terakhir itu," 

Baca juga: AirAsia Philippines Luncurkan APD Bak Pebalap F1 untuk Kru Kabin

Selain itu, Alvin mengatakan, para awak kabin pesawat bukan lah pembantu rumah tangga, ataupun pramusaji.

Ia mengungkapkan, tugas utama mereka adalah memastikan keselamatan dan keamanan selama penerbangan.

Lebih jauh, ia juga menerangkan, penumpang dapat tetap melihat senyum pramugari dengan cara melihat sorot matanya.

"Sorot mata itu kelihatan menunjukkan orang itu senang atau sedang tersenyum, meskipun mulutnya tertutup masker," jelasnya.

Baca juga: Aturan Garuda Indonesia untuk Penerbangan Domestik

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berencana menghentikan penggunaan alat pelindung diri (APD) kepada kru kabin pesawat secara bertahap, dan menggantinya dengan face shield.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X