Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyum Pramugari Hanya Bonus, Keselamatan Adalah Nomor Satu

Kompas.com - 17/06/2020, 20:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia berencana mengubah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi face shield bagi kru kabin pesawat termasuk pramugari.

Hal tersebut lantaran Garuda Indonesia menerima keluhan penumpang. Mereka mengaku tidak lagi bisa melihat senyum pramugari karena tertutup APD.

Menanggapi hal ini, pengamat penerbangan Alvin Lie menerangkan, bukan masalah jika penumpang tidak lagi bisa melihat senyum pramugari dan kru kabin lain.

"Senyum dari pramugari itu bukan tugas utama, itu bonus. Tugas utama mereka ya menjamin dan membantu penumpang untuk keselamatannya dulu," kata kata Alvin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

"Keselamatan itu nomor satu, keselamatan keamanan, baru terakhir kenyamanan. Senyuman ini bagian dari yang terakhir itu," 

Baca juga: AirAsia Philippines Luncurkan APD Bak Pebalap F1 untuk Kru Kabin

Selain itu, Alvin mengatakan, para awak kabin pesawat bukan lah pembantu rumah tangga, ataupun pramusaji.

Ia mengungkapkan, tugas utama mereka adalah memastikan keselamatan dan keamanan selama penerbangan.

Lebih jauh, ia juga menerangkan, penumpang dapat tetap melihat senyum pramugari dengan cara melihat sorot matanya.

"Sorot mata itu kelihatan menunjukkan orang itu senang atau sedang tersenyum, meskipun mulutnya tertutup masker," jelasnya.

Baca juga: Aturan Garuda Indonesia untuk Penerbangan Domestik

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berencana menghentikan penggunaan alat pelindung diri (APD) kepada kru kabin pesawat secara bertahap, dan menggantinya dengan face shield.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, rencana tersebut dilontarkan setelah pihaknya mendapatkan banyak keluhan dari penumpang.

"Semuanya pakai APD, ketutupan semua, ya enggak bener juga dong. Jadi buat banyak penumpang Garuda banyak mengeluh kenapa pramugarinya pakai masker, jadi enggak bisa lihat dia tersenyum atau mencibir," tuturnya dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (16/6/2020).

Menanggapi hal tersebut, pihaknya berencana mengubah kewajiban penggunaan APD menjadi face shield saja.

"Jadi pelan-pelan kita akan pakai face shield," katanya.

Irfan berharap, Garuda Indonesia tetap dapat memberikan rasa nyaman kepada penumpang, sekaligus menjamin protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com