Nol Kasus Covid-19, Kawasan 3 Gili Siap Dikunjungi Wisatawan

Kompas.com - 17/06/2020, 22:58 WIB
Suasana di kawasan wisata Gili Trawangan pasca-ditutup selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/6/2020). Pemerintah Kabupaten Lombok Utara siap menyambut fase new normal di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, menyusul kawasan wisata tiga gili itu masih berstatus zona hijau atau dinyatakan nol kasus positif Covid-19. KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATISuasana di kawasan wisata Gili Trawangan pasca-ditutup selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/6/2020). Pemerintah Kabupaten Lombok Utara siap menyambut fase new normal di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, menyusul kawasan wisata tiga gili itu masih berstatus zona hijau atau dinyatakan nol kasus positif Covid-19.

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Kawasan tiga Gili di Lombok Utara--Trawangan, Meno dan Air--siap menerima kunjungan wisatawan lantaran nol kasus Covid-19 di kawasan tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar. Ia menyampaikan kabar tersebut saat berkunjung ke Gili Terawangan, Sabtu (13/5/2020).

Najmul mengatakan, sebelumnya warga di kawasan tersebut menerapkan lockdown lokal. Warga tiga gili tidak diizinkan keluar kawasan, sedangkan warga dari luar tidak diizinkan masuk.

Baca juga: Wisata Tiga Gili Lombok Akan Dibuka Kembali

Kini, kawasan tiga gili akan dibuka agar pariwisata berangsur angsur pulih, tetapi tetap menerapkan new normal.

Adapun penerapan new normal di tiga gili ditegaskan melalui surat edaran (SE). Di dalamnya salah satunya tercantum SOP kedatangan serta kepulangan para pengunjung atau tamu di tiga gili.

"Sementara ini kami hanya mengoperasikan satu pelabuhan, yakni Pelabuhan Bangsal," kata Najmul.

"Jadi tidak bisa wisatawan masuk gili langsung dari Bali, tetapi harus melalui Pelabuhan Bangsal Pemenag Lombok Utara," lanjutnya.

Sesuai protokol kesehatan Covid-19

Pembukaan tiga gili dipastikan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti wisatawan perlu memiliki surat bebas Covid-19, memakai masker dan jaga jarak.

Adapun persiapan penerapan new normal di destinasi wisata tiga gili, kata Nazmu, diharapkan dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah di NTB.

Baca juga: Virtual Tour ke Lombok, Jelajah Tiga Gili dan Gunung Rinjani

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X