Apakah Benar Awak Kabin Garuda Indonesia Tak Akan Pakai APD?

Kompas.com - 18/06/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia. SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASAIlustrasi pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia.


JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjelaskan secara lengkap mengenai penggunaan alat pelindung diri (APD) yang dipakai awak kabin pesawat.

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan, awak kabinnya tidak memakai APD seperti di rumah sakit.

"APD-nya yang kayak bagaimana? Seperti yang di rumah sakit? Tidak. Kita tidak pakai seperti itu. Saya setuju tidak pakai seperti itu," kata Ade dalam konferensi pers di Pelataran Hutan Kota Senayan, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

"Tapi, kita pakai masker dan sarung tangan, termasuk untuk penyajian makanan penumpang," lanjutnya.

Baca juga: Dirut Garuda Tak Setuju APD Diterapkan pada Pesawat, Ini Alasannya

Selain itu, Garuda Indonesia juga menerapkan penggunaan face shield bagi kru kabin pesawat dengan rute internasional, yaitu Singapura.

"Tentu dengan berkembangnya mode akan ada penyesuaian dari bentuk face shield," ujarnya.

Saat penyajian makanan, lanjut Ade, pramugari Garuda Indonesia mengenakan masker, sarung tangan, serta apron sekali pakai.

Baca juga: Senyum Pramugari Hanya Bonus, Keselamatan Adalah Nomor Satu

Protokol kesehatan lainnya pada saat penyajian, yakni makanan yang hanya dapat dibuka oleh penumpang sendiri.

"Jadi kita sudah pack sedemikian rupa, kita jaga. Peralatan makanan atau makanan yang kita serve itu diubah dengan protokol kesehatan," kata Ade.

"Kita sangat memperhatikan kedua belah sisi, yaitu awak kabin, pilot, dan penumpang," terangnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X