Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2020, 16:24 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sumatera Utara, Solahuddin Nasution mengatakan, beberapa kabupaten di Sumatera Utara memiliki potensi pariwisata petualangan, tak hanya kabupaten sekitar Danau Toba.

Baca juga: Camping sampai Offroad di Danau Toba, Aneka Potensi Wisata Petualangan Dairi

"Masih banyak kabupaten lain yang menyimpan potensi wisata di bidang adventure tourism. Misalnya Kabupaten Langkat punya Taman Nasional Gunung Leuser. Hutan tropis di sana sangat digemari wisatawan mancanegara seperti Eropa selama ini," kata Solahuddin dalam webinar Sumatera Utara Tourism Forum bertajuk "Adventure Tourism Promotion And Marketing Strategies Under Covid-19/New Normal", Rabu (17/6/2020).

Selain Kabupaten Langkat, ia mengatakan kawasan Tapanuli Selatan juga memiliki potensi sama dengan hutan yang masih alami.

Lanjutnya, kabupaten lain yaitu Mandailing Natal berpotensi mengembangkan pariwisata petualangan dengan mengandalkan Taman Nasional Batang Gadis.

Sungai Asahan

Bergeser ke Kabupaten Asahan, menurut Solahuddin, daerah tersebut juga berpotensi dikembangkan wisata petualangan karena ada Sungai Asahan.

Baca juga: Huta Ginjang, Tempat Terbaik Melihat Pemandangan Danau Toba

"Sungai Asahan seperti kita kenal itu tempat wisata rafting yang sangat luar biasa. Sungai Asahan ini katanya merupakan tempat rafting nomor tiga di dunia setelah sungai Colorado di Amerika dan satu sungai di Afrika," jelasnya.

Solahuddin menuturkan ASITA siap membantu pengembangan pariwisata di Sumatera Utara, termasuk pariwisata petualangan.

"Kami yang bergerak di dunia industri ini, siap memberikan masukan, ide, gagasan bagaimana sektor pariwisata ini dapat berjalan normal seperti sebelum adanya Covid-19 ini. Karena Covid-19 ini luar biasa dahsyat menekan dan mengancam sektor pariwisata," pungkasnya.

Seekor orangutan mengendong anaknya di hutan Taman Nasional Gunung Leuser, Desa Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (17/5/2012). KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Seekor orangutan mengendong anaknya di hutan Taman Nasional Gunung Leuser, Desa Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (17/5/2012).
Sementara itu, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyatakan kesiapan dalam mengembangkan potensi wisata petualangan di Kabupaten Dairi.

Kabupaten yang terletak di sekitar Danau Toba ini memiliki tiga wisata unggulan yaitu Tao Silalahi, Taman Wisata Iman, dan Taman Wisata Alam Sicike-cike.

"Kami punya tiga wisata unggulan yaitu Tao Silalahi, Taman Wisata Iman, dan Taman Wisata Alam Sicike-cike, semuanya itu dapat di-combine dengan pariwisata petualangan," kata Eddy.

Dengan kurva kasus Covid-19 yang sampai saat ini tersisa satu orang positif, ia yakin bahwa daerahnya mampu menyambut new normal dengan cepat dan dapat mengembangkan sektor pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com