Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Buka, Teater Keong Emas dan Snowbay Water Park Belum Beroperasi

Kompas.com - 20/06/2020, 14:59 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) buka kembali mulai hari ini, Sabtu (20/6/2020). Pembukaan Taman Mini dilakukan secara bertahap di mana ada beberapa wahana yang belum dapat beroperasi.

Manager Taman Burung dan Museum Fauna Komodo, Peter Combo memberikan sosialisasi kenormalan baru di tempat wisatanya dalam acara "Sosialisasi Kenormalan Baru Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif", di channel Youtube Kemenparekraf, Sabtu (20/6/2020).

"Jadi pada hari ini kami sudah buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di antaranya pembatasan kunjungan yaitu kuota 50 persen sesuai dengan Perda Gubernur, dan juga ada beberapa wahana yang belum dapat dikunjungi," kata Peter.

Ia mengungkapkan, masyarakat belum bisa mengunjungi dua wahana di TMII yaitu Teater I-Max Keong Mas dan Snowbay Water Park.

Baca juga: Protokol New Normal TMII, Pengunjung Wajib Pakai Masker dan Beli Tiket Online

Namun, lanjutnya, masyarakat tak perlu khawatir karena anjungan di TMII sudah dapat dikunjungi dengan protokol kesehatan.

"Jadi masyarakat yang rindu tari-tarian itu dapat kembali lihat di anjungan dan tentunya dengan protokol Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, proses pembelian tiket kunjungan dapat dilakukan secara online di www.tamanmini.com 

"Atau bisa juga dapat langsung ke halaman ticket.tamanmini.com  di sana pengunjung dapat memilih wahana-wahana mana saja yang akan dikunjungi," jelasnya.

Tempat cuci tangan tersedia di sejumlah titik di dalam area Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (18/6/2020).Dokumentasi Taman Mini Indonesia Indah Tempat cuci tangan tersedia di sejumlah titik di dalam area Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (18/6/2020).

Peter juga menjelaskan bagi masyarakat yang belum dapat melakukan pemesanan tiket online, tak perlu khawatir. Masyarakat bisa langsung datang ke TMII dan nantinya pelayanan atau transaksi pembayaran dapat tetap dilakukan offline.

Baca juga: TMII Buka 20 Juni, Tidak Semua Wahana Beroperasi

"Akan ada kotak sterilisasi untuk uang bagi pengunjung yang membawa uang kertas. Kami sarankan membayar dengan non tunai dan dapat dilayani dengan kartu," ujarnya.

Meski demikian, pihak TMII tetap menganjurkan agar masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran dengan cara non-tunai untuk menghindari penyebaran virus pada uang kertas.

Dalam pembukaannya, TMII juga telah menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh area.

Para pengunjung juga diwajibkan tetap menggunakan masker dan selalu jaga jarak.

Selain itu, semua wahana yang telah dibuka dan area-area di TMII juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com