13 Tips Foto Gerhana Matahari Cincin, Cukup Pakai Smartphone

Kompas.com - 20/06/2020, 20:07 WIB
Fenomena Gerhana Matahari Cincin atau Gerhana Matahari parsial dilihat lewat teleskop dan difoto menggunakan ponsel, di PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019). KOMPAS.com/M ZAENUDDINFenomena Gerhana Matahari Cincin atau Gerhana Matahari parsial dilihat lewat teleskop dan difoto menggunakan ponsel, di PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan kembali terlihat di sebagian wilayah Indonesia pada 21 Juni 2020.

Hal tersebut diungkapkan peneliti dari Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Emmanuel Sungging Mumpungi.

"Kalau melihat peta (terjadinya GMC), wilayah Indonesia hanya sekitar 20 persen parsial," kata Sungging, seperti dikutip dari berita Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Masyarakat di beberapa wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini sekitar pukul 13.00 WIB.

Bagi kamu yang tinggal di daerah yang dilintasi fenomena GMC, dapat mengabadikannya melalui foto.

Baca juga: Daftar Wilayah di Indonesia yang Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020

Tak perlu kamera mahal, cukup gunakan smartphone untuk memotret momen langka ini.

Berikut Kompas.com rangkum tips memotret GMC yang instagramable dengan menggunakan kamera smartphone:

Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.HANDOUT/BMKG Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.

1. Siapkan diri dan baterai smartphone sebelum terjadi gerhana

Gerhana matahari cincin hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan peralatan foto yaitu smartphone-mu.

Usahakan smartphone dalam kondisi stabil dan baterai terisi penuh. Bersiaplah di lokasi pemotretan untuk menentukan angle atau sudut foto gerhana yang cocok.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X