Kerja Sama Travel Bubble, Malaysia Lirik Danau Toba dan Aceh

Kompas.com - 21/06/2020, 15:12 WIB
Pengunjung sedang menikmati pemandangan Danau Toba di Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara KOMPAS.com / Gabriella WijayaPengunjung sedang menikmati pemandangan Danau Toba di Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara


JAKARTA, KOMPAS.com - Malaysia berencana menerapkan travel bubble bersama Indonesia, terutama ke Danau Toba, Sumatera Utara. Hal ini bisa diterapkan jika Sumatera Utara sudah masuk zona hijau penyebaran Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Tourism Malaysia Medan, Hisham dalam webinar Sumatera Utara Tourism Forum bertajuk "Adventure Tourism Promotion And Marketing Strategies Under Covid-19/New Normal", Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Apa Itu Travel Bubble? Ini Penjelasan Lengkapnya

"Saya punya konsep agar daerah-daerah di Indonesia yang sudah hijau dapat menerapkan travel bubble ke Malaysia, begitu juga sebaliknya. Jadi membolehkan wisatawan daripada kedua negara yang berstatus hijau ini untuk traveling," kata Hisham.

Travel bubble adalah ketika dua atau lebih negara yang berhasil mengontrol virus corona sepakat untuk menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan.

Gelembung ini akan memudahkan penduduk yang tinggal di dalamnya melakukan perjalanan secara bebas, dan menghindari kewajiban karantina mandiri.

Ia pun juga menilai daerah berzona hijau di Indonesia, misalnya, beberapa daerah di Provinsi Aceh, dapat melakukan travel bubble dengan Malaysia.

Oleh karena itu, ia menerangkan travel bubble sementara ini bisa diterapkan antara Aceh dan Malaysia, begitu juga sebaliknya.

Namun, pihaknya mengaku tetap menunggu Standar Operasional Prosedural (SOP) dari Aceh jika tertarik melakukan travel bubble bersama Malaysia.

"Jadi nanti antara kedua daerah zona hijau ini akan bisa traveling, liburan, khususnya jika ingin berwisata kesehatan di Malaysia, tapi tetap kita tunggu SOP itu ada," terangnya.

Kendati berencana juga akan menerapkan travel bubble antara Malaysia dan Silangit, Danau Toba, Hisham benar-benar ingin memastikan apakah daerah di Danau Toba sudah memiliki status zona hijau.

Banda Aceh Tsunami MuseumShutterstock/Gangoo Banda Aceh Tsunami Museum

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X