Pelesir ke Mana Saat New Normal? Ini 3 Destinasi Pilihan Turis Indonesia

Kompas.com - 23/06/2020, 21:38 WIB
Taman Sari, wisata populer di Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/FADLI SUANDITaman Sari, wisata populer di Yogyakarta.

KOMPAS.com - Berdasarkan riset yang dilakukan situs perjalanan online, Pegipegi, sebanyak 67 persen orang Indonesia tertarik untuk bepergian pada era new normal, sementara 33 persen sisanya belum merencanakan bepergian.

Riset ini dilakukan pada lebih dari 900 responden yang tersebar di seluruh Indonesia pada 8 - 12 Juni 2020.

Baca juga: Survei: Mayoritas Orang Indonesia Bakal Traveling Saat New Normal Berlaku

Sebanyak 91 persen responden menjadikan destinasi domestik menjadi pilihan utama. Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta menjadi 3 kota besar yang paling diminati.

Namun banyak pula responden yang memilih kota lainnya sebagai destinasi wisata seperti Surabaya, Bali, Semarang, Padang, Palembang, hingga Sabang.

Sementara itu, sedikitnya 9 persen lainnya memilih untuk traveling ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan beberapa negara lainnya seperti Arab Saudi, Australia, Korea, dan Belanda.

Angka ini menunjukan bahwa masyarakat memilih destinasi yang relatif lebih dekat dan mudah dijangkau pada situasi new normal.

Ilustrasi Alun-alun Bandung. Dok. Shutterstock Ilustrasi Alun-alun Bandung.
Hasil riset juga menunjukan bahwa wisata alam dan kuliner menjadi tujuan yang paling banyak diminati.

Sementara itu moda transportasi yang paling banyak dipilih adalah pesawat (53%), disusul kendaraan pribadi (27%), kereta api (16%), dan bus (4%).

Untuk pilihan akomodasi, 49% memilih akomodasi dengan rentang budget sekitar Rp250.000 - Rp500.000/malam.

Baca juga: Juli 2020, Pariwisata Yogyakarta Mulai Buka Secara Bertahap

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang tinggi untuk bepergian kembali terutama menikmati destinasi domestik Indonesia.

Chief Marketing Officer Pegipegi Serlina Wijaya, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, menuturkan bahwa pada masa transisi ini pihaknya melihat keinginan untuk bepergian mulai meningkat.

"Maka dari itu, kami memberikan penawaran berupa diskon untuk menikmati destinasi domestik dengan diskon staycation hingga 20 persen. Kami juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah ketika bepergian," kata Serlina.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X