Benarkah Penumpang Harus Tiba di Bandara 4 Jam Sebelum Keberangkatan?

Kompas.com - 24/06/2020, 15:19 WIB
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu maskapai penerbangan Indonesia memiliki syarat calon penumpang harus tiba di bandara paling lambat empat jam sebelum jadwal keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta.

Di sisi lain, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang persyaratan perjalanan orang pada era new normal.

Baca juga: Catat, Syarat Terbaru Naik Pesawat Udara

Adapun SE yang dimaksud adalah SE Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam SE tersebut tertera, penumpang perlu tiba di bandara tiga jam sebelum waktu keberangkatan.

“Tiba di bandara empat jam sebelum keberangkatan untuk menghindari antrean pemeriksaan dokumen yang cukup panjang," kata Manager of Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Haerul Anwar, kepada Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

"Saya kira kalau semua dokumen lengkap, 2,5 – 3 jam masih oke," lanjutnya.

Baca juga: Terbang ke Bali Naik Garuda Indonesia? Simak Syarat dan Dokumennya

Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menurutnya, lalu intas menuju bandara tersebut saat ini sudah sangat lenggang. Masyarakat pun kini dimudahkan untuk mengecek lalu lintas yang ada.

Jika ada kendala dengan kendaraan pribadi, Haerul menuturkan, kini sudah ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa mengantarkan calon penumpang ke bandara.

Hal tersebut, menurut Haerul, dapat membuat masyarakat tidak perlu tiba di bandara empat jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Simak, Aturan Makan dan Minum di Pesawat Saat Era New Normal

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X