20 Kota Terbaik di Dunia untuk Bersepeda

Kompas.com - 25/06/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi Denmark - Para pesepeda di Kopenhagen. SHUTTERSTOCKIlustrasi Denmark - Para pesepeda di Kopenhagen.

KOMPAS.com – Saat pandemi virus corona (Covid-19), bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang semakin tren untuk menjelajahi perkotaan.

Kendati demikian, tidak semua kota ramah pesepeda. Hal ini membuat pengalaman bersepeda tidak menyenangkan, bahkan membahayakan.

Melansir Lonely Planet, Copenhagenize Index memiliki laporan dua tahunan yang mengevaluasi 115 kota di dunia.

Laporan tersebut guna melacak perkembangan global bersepeda di perkotaan. Adapun beberapa faktor yang dipertimbangkan yakni sebagai berikut:

  • Infrastruktur bersepeda.
  • Program berbagi sepeda.
  • Keselamatan bersepeda.
  • Keseimbangan gender.

Beberapa faktor tersebut digunakan untuk mengetahui kota-kota yang paling ramah terhadap para pesepeda. Lantas, apa saja kota-kota tersebut?

1. Kopenhagen, Denmark

Ibu kota Denmark ini berada di peringkat nomor satu lantaran bersepeda merupakan cara hidup di sana. Sebagian besar penduduknya (62 persen) lebih memilih untuk bepergian menggunakan sepeda ketimbang mobil.

Hal ini karena Kopenhagen menawarkan jaringan jalur sepeda dan jembatan, membuat orang-orang bisa dengan aman dan cepat bersepeda melintasi kota.

2. Amsterdam, Belanda

Kota ini berkomitmen untuk lebih mengakomodasi pertumbuhan jumlah pesepeda dengan memperluas jalur sepeda.

Ilustrasi Belanda - Jalur yang bisa dilintasi oleh para pesepeda di Amsterdam.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Belanda - Jalur yang bisa dilintasi oleh para pesepeda di Amsterdam.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X