Grup AirAsia Cetak Rekor Penjualan, 41.000 Kursi Terjual dalam Sehari

Kompas.com - 25/06/2020, 19:18 WIB
Awak kabin AirAsia terlihat membersihkan kabin dengan disinfektan Dok. AirAsia IndonesiaAwak kabin AirAsia terlihat membersihkan kabin dengan disinfektan

SEPANG, KOMPAS.com - AirAsia mencatatkan penjualan harian pasca hibernasi tertinggi pada 23 Juni 2020, dengan rekor terbaru sebanyak 41.000 kursi terjual dalam satu hari di seluruh Grup AirAsia.

Hal ini menandakan pertumbuhan permintaan yang positif untuk perjalanan udara. Situs AirAsia menunjukkan peningkatan aktivitas sebesar 170 persen.

Beberapa rute paling populer yang dipesan di antaranya Jakarta ke Denpasar dan Medan untuk Indonesia.

Baca juga: Catat, Syarat Terbaru Naik Pesawat Udara

Rute lain adalah Kota Kinabalu dan Kuching ke Kuala Lumpur untuk Malaysia, Bangkok ke Chiang Mai dan Hat Yai untuk Thailand, Manila ke Puerto Princesa dan Davao untuk Filipina. Serta rute Delhi ke Srinagar dan Bengaluru ke Hyderabad untuk India.

Rata-rata tingkat keterisian penumpang secara Grup sekitar 50 persen dengan kontribusi dari AirAsia Malaysia yang mencapai 70 persen, sekaligus menjadi tingkat keterisian tertinggi pasca pengoperasian kembali penerbangan berjadwal.

“Kami merasa tergerak dengan tren positif ini dan kami memprediksikan tren ini akan berlanjut dalam beberapa pekan mendatang. Produk inovatif terbaru kami di Malaysia, AirAsia Unlimited Pass, sebuah produk yang dirancang khusus untuk mendukung upaya Pemerintah Malaysia dalam mendorong perjalanan domestik, terjual habis dengan cepat," kata CEO AirAsia Group, Tan Sri Tony Fernandes seperti dikutip dari siaran pers. 

Ilustrasi pesawat AirAsia SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA Ilustrasi pesawat AirAsia

Pihaknya akan meluncurkan produk ini di seluruh jaringan AirAsia. Selain itu, ada pula produk SNAP, platform pemesanan kombo penerbangan dan hotel.

“Saat ini kami berupaya untuk meningkatkan frekuensi penerbangan kami menjadi sekitar 50 persen dari total operasional sebelum pandemi COVID-19," ungkap Tony.

Baca juga: AirAsia Perbarui Kebijakan Soal Akun Kredit dan Reschedule Penerbangan

Pihaknya berharap dapat mengoperasikan kembali semua rute domestik dalam beberapa minggu dan bulan mendatang untuk memenuhi peningkatan permintaan.

"Kini kami telah mengoperasikan 152 penerbangan setiap hari di seluruh jaringan. Kami berharap pembukaan kembali perbatasan internasional dapat segera terwujud mengingat transportasi udara dapat menyediakan konektivitas yang vital untuk memulai kembali kegiatan ekonomi dan upaya pemulihan global,” tambah Tony.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X