Kompas.com - 26/06/2020, 14:15 WIB
Pengunjung menjajal ATV yang ada di Hutan Pinus Limpakuwus Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ FADLAN MUKHTARPengunjung menjajal ATV yang ada di Hutan Pinus Limpakuwus Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.


JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perhutani kembali membuka 38 obyek wisata alam (OWA) di beberapa daerah bagi pengunjung. Sebelumnya, Perhutani menutup sementara seluruh OWA akibat pandemi Covid-19.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani Asep Rusnandar mengatakan, mulai 24 Juni, sebanyak 38 dari total 639 obyek wisata Perhutani telah dibuka kembali.

Baca juga: Pemerintah Umumkan Kawasan Pariwisata Alam Indonesia Dibuka Bertahap

"Obyek wisata yang sudah siap menyambut wisatawan ini telah melakukan berbagai persiapan untuk menerapkan protokol kesehatan baik bagi petugas, pengunjung maupun mitra wisata sesuai dengan prosedur," kata Asep seperti dikutip rilis.

Pembukaan kembali OWA ini, jelas Asep, telah sesuai dengan peraturan pemerintah daerah Kota/Kabupaten setempat serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di tempat wisata.

Lanjutnya, jumlah pengunjung juga akan dibatasi dan harus menerapkan jaga jarak atau physical distancing.

"Pengunjung juga harus menghindari bergerombol, selalu menggunakan masker serta membawa perlengkapan ibadah sendiri," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pilihan Wisata Alam di Magelang, Ada Apa Saja?

Asep mengungkapkan, Perhutani juga melengkapi lokasi wisata dengan pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan beserta sabun, hand sanitizer, serta rutin melakukan penyemprotan sarana umum dengan disinfektan.

"Selain itu diutamakan melakukan transaksi non tunai," tuturnya.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.