Cerita Penumpang Terbang ke Lombok, Rogoh Kocek Rp 3 Juta Lebih

Kompas.com - 27/06/2020, 19:10 WIB
Social distancing di kabin pesawat Boeing 737 Lion Air. Dokumentasi Lion Air GroupSocial distancing di kabin pesawat Boeing 737 Lion Air.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat semua sektor harus beradaptasi ke arah tatanan baru atau new normal.

Tatanan baru ini juga berlaku di industri penerbangan, salah satunya dengan mewajibkan penumpang perlu menyertakan dokumen tambahan seperti Rapid test maupun Swab test.

Dokumen ini merupakan syarat wajib bagi para penumpang agar bisa terbang pada masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Catat, Syarat Terbaru Naik Pesawat Udara

Salah satu cerita datang dari Vino Filipe (24), ia melakukan penerbangan dari Jakarta menuju Lombok pada 16 Juni 2020 untuk perjalanan dinas kerja.

Mengetahui kebijakan swab test apabila pergi ke Lombok (Nusa Tenggara Barat), Vino pun bergegas mencari rumah sakit atau klinik yang menyediakan tes Covid tersebut di Jakarta.

Ia harus merogoh kocek Rp 2,5 juta untuk swab test.

"Saya ke Lombok yang mana di sana wajib nunjukkin hasil swab PCR. Biayanya itu Rp 2,5 juta dan kebetulan lama di sana satu minggu jadi pas juga kalau tes swab. Soalnya kan rapid itu tiga hari aja berlakunya, cuma lebih murah biayanya," kata Vino saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: Mengenal Tes Swab Corona: Pengertian, Tahapan hingga Biayanya

Ia menceritakan susahnya proses swab test. Pertama, ia harus menyesuaikan jadwal dokter klinik tersebut untuk dapat mengambil sampel yang dibutuhkan swab test. Setelah melakukan swab test, ia harus menunggu hasil sekitar tiga hari kemudian.

Bandara Internasional LombokDok. Humas Bandara Lombok Bandara Internasional Lombok

Beli tiket penerbangan

Setelah mendapat hasil swab test, ia pun mencari tiket penerbangan ke Lombok. Ia memilih untuk melakukan swab test terlebih dulu daripada membeli tiket, hal ini karena menurutnya, tiket pesawat ke daerah kecil akan lebih mudah dicari.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X