Kunjungi Kalisuci, Lee Seung Gi dan Jasper Liu Jajal Cave Tubing

Kompas.com - 01/07/2020, 13:15 WIB
Pengunjung kalisuci melompat ke air Kompas.com/Markus YuwonoPengunjung kalisuci melompat ke air


JAKARTA, KOMPAS.com – Kalisuci jadi salah satu tempat yang disinggahi aktor sekaligus penyanyi asal Korea Selatan Lee Seung Gi dan aktor Taiwan Jasper Liu dalam variety show Twogether yang tayang di Netflix sejak Jumat (26/6/2020).

Seung Gi dan Jasper diberi misi untuk menemukan fans mereka di Yogyakarta. Sebelumnya, fans tersebut telah memberikan beberapa tempat yang bisa dikunjungi Seung Gi dan Jasper dalam mengumpulkan petunjuk agar bisa menemui dirinya.

Kalisuci merupakan destinasi kedua yang mereka kunjungi di Yogyakarta setelah sebelumnya keduanya berhasil menemukan petunjuk di Goa Jomblang.

Sesampainya di Kalisuci, Seung Gi dan Jasper diminta untuk membayar tiket masuk senilai Rp 80.000 per orang. Sebelumnya, mereka sudah diberikan uang dengan total Rp 4,5 juta sebagai bekal selama berpetualang di Yogyakarta.

Setelah mengenakan pakaian berupa rompi pelampung, pelindung siku, dan helm, keduanya pun memulai cave tubing menyusuri sungai Kalisuci.

Baca juga: Pengunjung Cave Tubing Kalisuci Dibatasi 100 Orang, Ini Aturannya

Aktor Lee Seung Gi dan Jasper Liu dalam variety show TwogetherNetflix Aktor Lee Seung Gi dan Jasper Liu dalam variety show Twogether

Kalisuci terletak di daerah Gunungsewu, Gunungkidul, Yogyakarta. Rute cave tubing di Kalisuci ini cukup panjang, yakni sekitar 700 meter yang menyusuri beberapa spot yaitu Luweng Glatik, Goa Glatik, dan Luweng Gelung dengan durasi 1,5 jam hingga 2 jam.

Cave tubing ini merupakan salah satu geosite Gunungsewu. Geopark Gunungsewu memiliki luas kurang lebih 1.802 km2 dan memiliki 33 geosite di dalamnya.

Gunungsewu juga sudah masuk dalam Global Geopark Network (GGN) di Asia Pasific Global Network yang disahkan UNESCO di Sanin, Kaigan, Jepang pada 2015 lalu.

Gunungsewu masuk jadi salah satunya besama 120 Global Geopark lainnya dari 33 negara.

Baik Seung Gi maupun Jasper terlihat sangat takjub dengan keindahan Kalisuci. Mereka pun belum pernah mencoba cave tubing semacam ini, membuat mereka terlihat agak kaku ketika cave tubing.

Baca juga: Uji Coba Kalisuci Gunungkidul Dibuka, Masih Sepi Pengunjung

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X