Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Jabar ke Tempat Wisata Pangandaran Tidak Perlu Rapid Test

Kompas.com - 01/07/2020, 21:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Untung Saeful Rachman, menuturkan, pihaknya telah melonggarkan beberapa persyaratan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pangandaran.

Adapun beberapa persyaratan yang dimaksud adalah wisatawan asal Jawa Barat (Jabar) tidak perlu membawa hasil rapid test. Sementara wisatawan non-Jabar tetap diwajibkan membawa rapid test

Kebijakan ini mulai berlaku pada 1 Juli 2020.

Baca juga: Tempat Wisata Jabar Masih Belum Terima Wisatawan KTP Luar Daerahnya

Kebijakan lainnya yakni wisatawan asal Jabar yang ke Pangandaran diperbolehkan datang secara rombongan.

Sebelumnya, saat Kabupaten Pangandaran secara resmi menyambut kembali wisatawan pada 5 Juni 2020, wilayah tersebut tidak memperkenankan wisatawan datang secara rombongan.

Mereka hanya diizinkan untuk berkunjung secara individu, atau berkeluarga.

“Wisatawan rombongan sudah diizinkan mulai hari ini. Namun kapasitas dibatasi, hanya 70 persen. Belum diperbolehkan kendaraan itu 100 persen, bus pariwisata,” kata Untung kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Puncak Bogor Padat Wisatawan Asal Jakarta, Ini Respons Kadispar Jabar

Perketat

Adapun untuk memperketat arus masuk wisatawan, Untung berkoordinasi dengan Dishub untuk memeriksa identitas diri setiap kendaraan yang masuk.

Baik bus pariwisata maupun kendaraan pribadi, jika mereka berasal dari luar Jabar dan tidak membawa hasil rapid test, maka mereka akan diarahkan untuk melakukan rapid test.

“Kalau lolos dari check point, tidak lewat jalan yang tidak ada check point, setiap pintu masuk Pangandaran ada petugas. Tanya identitas, surat keterangan sehat bagi wisatawan di luar Jabar, ini harus dilakukan,” ungkap Untung.

Baca juga: Liburan Saat New Normal, Jangan Lupa ke Pantai Pangandaran

Terkait kedatangan wisatawan dari luar Jabar, Untung menuturkan, pihaknya tidak membatasi mereka datang dari mana saja. 

Untung menyarankan, sebelum melakukan perjalanan, mereka wajib melakukan rapid test di wilayah masing-masing, dan membawa hasilnya guna diperiksa di check point perbatasan Pangandaran.

Namun, pihaknya juga menyiapkan fasilitas tempat untuk rapid test yang bisa dimanfaatkan.

"Di halaman PMI untuk rapid test, dan di Cijulang, Green Canyon dan Batukaras. Perlu dicatat bahwa rapid test bersifat individu. Per orang wajib, bukan perwakilan. Kalau ada 40 orang yang datang, masing-masing wajib tes,” tutur Untung.

"Kalau ada pengunjung reaktif, coba beberapa kali rapid test. Begitu ada indikasi ke arah virus, mungkin melakukan swab test untuk deteksi. Ada juga ditanya asal usul, sudah masuk kemana saja di riwayat perjalanan,” pungkas Untung.'

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com