Istana Karang Baru di Aceh Tamiang Bakal Dirombak Jadi Museum

Kompas.com - 02/07/2020, 22:03 WIB
ILUSTRASI - Istana Karang Aceh Tamiang Dokumentansi dan hasil kegiatan Subdit Komunitas Adat KemendikbudILUSTRASI - Istana Karang Aceh Tamiang


ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sepakat menjadikan Istana Karang Baru menjadi Museum Istana Raja Karang di Kabupaten Aceh Tamiang.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/7/2020) menyebutkan, istana kerajaan Melayu tertua di bumi Muda Sedia itu akan dipugar oleh PT Pertamina (Persero).

Baca juga: Berlebaran di Benua Raja, Istana Islam Melayu Terbesar di Aceh Tamiang

Pihak Pertamina, sambung Mursil, sudah menjelaskan detail konsep pemugaran dan alih fungsi istana warisan budaya tersebut.

Menurut Mursil, di dalam museum itu akan dibuat sedemikian rupa yang menampilkan unsur hiburan dan edukasi yang menaruik.

ILUSTRASI - Istana Karang Aceh Tamianghttps://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditkma ILUSTRASI - Istana Karang Aceh Tamiang

“Museum Istana Raja Karang akan menjadi Edutainment Museum berbobot yang akan diminati baik anak-anak maupun dewasa, dan diharapkan dapat menjadi Ikon Aceh Tamiang,” terang Mursil.

Isi lainnya akan menjelaskan sejarah Aceh Tamiang, dimensi kesejahteraan Istana Raja Karang, geografi, sosial, artefak dan arsitektur.

Mursil mengungkapkan bahwa pihak Pertamina sudah bekerja sama dengan kurator museum untuk menyusun konsep wisata yang edukatif.

Di sekitar lokasi istana akan dibangun wisata kuliner, tempat bermain, panggung seni, olahraga, mushalla dan toilet.

“Masyarakat sudah tidak sabar menunggu hasil pemugaran yang indah itu,” pungkasnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X