Gunung Rinjani Bakal Buka 7 Juli? Wisata Hanya untuk One Day Trip

Kompas.com - 03/07/2020, 07:06 WIB
Seorang pendaki dan tendanya dengan latar belakang Segara Anak di Gunung Rinjani. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki dan tendanya dengan latar belakang Segara Anak di Gunung Rinjani.


JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan mengumumkan pembukaan destinasi wisata di kawasan ini pada 7 Juli 2020. Belum diketahui pasti tempat-tempat mana saja yang akan dibuka.

Hal tersebut diungkapkan akun Instagram resmi TNGR @gunungrinjani_nationalpark yang menuliskan informasi terkini persiapan new normal Gunung Rinjani.

"Tangga 7 Juli ini, kami akan mengumumkan destinasi mana saja yang akan dibuka, tentunya harus sesuai dengan arahan dari pusat, komunikasi intens dengan pemerintah daerah, Gugus Tugas Covid-19, dan juga memperhatikan masukan-masukan dari para pelaku wisata lainnya," tulis akun @gunungrinjani_nationalpark.

Dalam akun resmi tersebut tertutlis bahwa pada 7 Juli 2020 mendatang merupakan pembukaan destinasi wisata tahap pertama TNGR. TNGR sendiri memiliki dua kategori wisata yakni hiking atau non pendakian dan trekking atau pendakian.

Kategori pertama yaitu hiking, disebutkan durasi maksimal wisatanya satu hari atau one day trip dan tanpa mendirikan tenda atau camping.

Baca juga: Protokol New Normal Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani, Apa Saja?

"Kegiatan ini memiliki resiko rendah," tulis TNGR.

Sementara itu untuk kegiatan trekking atau pendakian, durasinya lebih dari 1 hari karena pendakian dengan mendirikan tenda atau camping. Kegiatan ini dikategorikan memiliki resiko tinggi.

Gunung Rinjanishutterstock Gunung Rinjani

Sejauh ini, TNGR telah merevisi dan membuat Standar Operasional Prosedural (SOP) serta berupaya membenahi semua obyek wisata yang ada di kawasan TNGR agar siap untuk menghadapi pembukaan new normal di masa pandemi.

Pembukaan tahap pertama nanti hanya diizinkan kegiatan one day trip terlebih dahulu. Dalam kata lain, aktivitas pendakian tidak diizinkan karena durasinya lebih dari satu hari dan menginap.

Obyek wisata di TNGR yang akan dibuka pun akan bergantung pada kondisi pandemi di daerah tersebut. Dalam arti, TNGR akan melihat daerah obyek wisata itu harus berada di zona hijau atau kuning.

Baca juga: Pendakian Gunung Rinjani Segera Dibuka

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X