Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel-hotel di Garut Tawarkan Diskon 30 Persen

Kompas.com - 04/07/2020, 07:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

GARUT, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, Jawa Barat, memberikan diskon hotel untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke Garut.

Hal ini agar pertumbuhan usaha sektor pariwisata segera pulih dalam fase normal baru Covid-19.

Baca juga: Okupansi Hotel di Yogyakarta Mulai Naik

"Sejalan dengan imbauan dan ajakan PHRI Jawa Barat untuk memberikan program diskon dengan batas 30 persen yang kebijakannya dikelola oleh masing-masing manajer di hotel dan restoran," kata Sekretaris PHRI Garut Tanto S. Rieza di Garut, Jumat (3/7/2020) seperti dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, pemerintah telah membuka kembali obyek wisata di Kabupaten Garut sehingga PHRI perlu upaya untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Garut dalam situasi normal baru saat ini.

Salah satunya, kata dia, memberikan diskon kamar yang pengelolaannya oleh masing-masing hotel di Garut, berikut memberikan layanan maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan harapan dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Jawa Barat khususnya ke Garut," kata Tanto.

Ilustrasi - Kamar hotelShutterstock/Dragon Images Ilustrasi - Kamar hotel

Ia mengungkapkan, sejak dibukanya obyek wisata awal Juni 2020 tingkat hunian hotel di kawasan wisata Garut mulai menggeliat dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta dan kota besar lainnya.

Tercatat, lanjut dia, tingkat hunian hotel saat hari libur akhir pekan mencapai 50 persen, sedangkan hari biasa diangka 15 persen, atau lebih baik dibandingkan pada saat darurat wabah COVID-19 yang hanya mencapai 5 persen dari jumlah kamar hotel yang ada.

"Pada saat 'weekend' ini hotel di Garut di angka 40 sampai 50 persen, di hari biasa 15 persen, berbeda dengan saat pandemi kemarin hanya 5 persen bahkan 3 persen," katanya.

Baca juga: Hotel di Kota Batu Boleh Mulai Beroperasi

Meski saat ini sudah ada tamu hotel pada hari biasa maupun akhir pekan, kata Tanto, belum menunjukkan kondisi usaha perhotelan di Garut normal, beberapa pegawai masih ada yang dirumahkan bahkan harus bergantian kerja.

Ia berharap, kondisi Garut yang ditetapkan sebagai zona hijau dapat mendorong wisatawan untuk datang ke Garut sehingga usaha perhotelan maupun sektor lainnya di Garut dapat segera normal.

"Garut ini zona hijau jadi aman, meski begitu protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap diberlakukan," katanya. (Feri Purnama/Adi Lazuardi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com