Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2020, 19:16 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta tak hanya dikenal sebagai ibukota Indonesia sekaligus pusat pemerintahan dan perekonomian, melainkan juga salah satu destinasi wisata.

Berwisata di Jakarta, bisa dilakukan pada pagi, siang, sore, hingga malam hari. Biasanya, malam hari akan lebih didominasi oleh anak-anak muda yang menikmati suasana malam ibukota, terlebih di akhir pekan.

Kendati pandemi masih terjadi, berwisata tetap bisa dilakukan meski dari rumah. Contohnya dengan mengikuti beragam paket virtual tur atau tur wisata melalui virtual.

Baca juga: Ancol Buka Hari Ini, Dufan Bisa Dikunjungi dan Larangan Berenang di Pantai

Kompas.com berkesempatan mengikuti virtual tur Keliling Jakarta yang diselenggarakan Atourin bertemakan "Gemerlap Kehidupan Malam", Jumat (26/6/2020).

Kami bersama sekitar 40-an peserta lainnya dipandu oleh pemandu wisata dari Wisata Kreatif Jakarta, Cindy Tan berkeliling beberapa tempat wisata malam di Jakarta seperti melihat air mancur menari di Lapangan Banteng, kulineran di Pecenongan, air mancur di Monumen Nasional (Monas), kulineran di Sabang, menikmati malam di bar SKYE, Hard Rock Cafe SCBD, dan berakhir makan di Gulai Tikungan (Gultik) Blok M.

Melihat air mancur menari di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).KOMPAS.com/ CYNTHIA LOVA Melihat air mancur menari di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

Air Mancur Menari di Lapangan Banteng

Destinasi pertama yang dituju adalah Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Bagi yang belum tahu, ada pertunjukan atau atraksi menarik yang bisa ditemui di Lapangan Banteng yaitu pertunjukan air mancur menari.

Pertunjukan ini berlangsung hanya di akhir pekan. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan ini dua kali mulai pukul 19.30 dan 20.30 WIB.

Pertunjukan air mancur menari di Lapangan Banteng ini terkenal selalu ramai pengunjung. Jika tak ingin kehabisan tempat duduk untuk menonton pertunjukan, kamu harus datang ke Lapangan Banteng pada pukul 18.30 WIB.

"Ini selalu ramai banget. Jadi kalau misalnya pertunjukan jam 19.30 ya kita datang pukul 18.30 WIB udah harus duduk, kalau enggak ya enggak bakal kebagian kursi," kata Cindy.

Daya tarik pertunjukan ini ada pada air yang memancur dari kolam tampak seperti menari. Tarian air mancur itu pun semakin ciamik dengan tambahan warna-warni dari tata cahaya berwarna merah, biru, hingga jingga.

Baca juga: 15 Menit Air Mancur Menari di Lapangan Banteng yang Memukau Warga...

Tak sampai di situ, para penonton pun juga disuguhkan dengan iringan lagu nasional dan daerah seperti Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, Ondel-Ondel dan lainnya.

"Semua instrumen lagu itu merupakan sumbangan dari musisi Addie MS," ujar Cindy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com