Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2020, 08:12 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gunung Lawu resmi buka kembali untuk pendakian sejak 25 Juni 2020, setelah sebelumnya tutup guna mencegah penyebaran Covid-19.

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi mengatakan, terdapat empat jalur pendakian di Gunung Lawu yang sudah dibuka.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu Dibuka, Simak Protokol Kesehatannya Sebelum Mendaki

Keempat jalur tersebut yakni Cemoro Kandang dan Candi Cetho yang berada di Jawa Tengah, sedangkan di Provinsi Jawa Timur ada Cemoro Sewu dan Singolangu.

Sebelum mulai mempersiapkan pendakian, kamu perlu memahami daerah keempat jalur pendakian tersebut selain tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pemahaman jalur pendakian berguna agar sebelum berangkat, kamu sudah paham ciri-ciri dari medan pendakian agar nantinya tidak tersesat.

Berikut Kompas.com rangkum empat jalur pendakian Gunung Lawu yang biasa dilalui para pendaki:

Seribuan Pendaki Gunung Lawu menggelar upacara bendera di Puncak. Hingga Sabtu siang di Pos Cemoro Sewu mencatat 1.500 orang melakukan pendakianKOMPAS.COM/DOK HASAN BAARI Seribuan Pendaki Gunung Lawu menggelar upacara bendera di Puncak. Hingga Sabtu siang di Pos Cemoro Sewu mencatat 1.500 orang melakukan pendakian

Cemoro Sewu

Jalur ini merupakan salah satu jalur favorit bagi para pendaki Gunung Lawu. Lokasinya berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Base camp dari jalur pendakian Cemoro Sewu mudah ditemui karena berada tepat di samping jalan utama Karanganyar-Magetan.

Baca juga: Panduan Transportasi ke Basecamp Lawu via Cemoro Sewu dari Jakarta

Jalur ini memiliki lima pos pendakian yang akan kamu temui. Pada pos I dan II, ada warung yang bisa kamu gunakan untuk membeli makan minuman.

Secara keseluruhan, kondisi jalur Cemoro Sweu terdiri dari batu-batu yang sudah tertata. Hal ini yang membuat jalur sering dilalui dan menjadi favorit bagi para pendaki Gunung Lawu.

Cemoro Sewu juga menjadi jalur pendakian Gunung Lawu dengan rute tercepat sampai puncak Hargo Dumilah.

Namun, sebelum sampai puncak, kamu akan menemui tanjakan terjal yang terdapat antara Pos II sampai Pos III.

Jika kamu mendaki lewat Cemoro Sewu maka akan disuguhkan dengan pemandangan indah ke arah selatan berupa hamparan Bukit Mongkrang dan Lawu Selatan. Pemandangan ini akan tersaji jika kamu hendak sampai di Pos IV.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com