Seragam Pramugari Garuda Indonesia Selama Pandemi, Seperti Apa?

Kompas.com - 08/07/2020, 10:30 WIB
Tangkapan layar awak Garuda Indonesia menggunakan APD baru. kompas.com / Nabilla RamadhianTangkapan layar awak Garuda Indonesia menggunakan APD baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kini memiliki perlengkapan baru pada seragam awak kabinnya.

Berdasarkan video yang diunggah melalui akun Instagram resminya, Sabtu (4/7/2020), para pramugarinya dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

"Kami siap menyambut Anda kembali di penerbangan dengan seluruh peningkatan langkah-langkah keselamatan yang kami ambil termasuk penampilan baru dari para Cabin Crew kami yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)," seperti tertera dalam unggahan tersebut.

Dalam unggahan tersebut, APD yang digunakan, yakni masker, sarung tangan, apron, hingga penutup wajah. APD digunakan pada setiap rute penerbangan.

Kendati demikian, pelindung wajah dan apron akan diterapkan secara bertahap. Menurut keterangan dalam unggahan tersebut, ada kemungkinan penerapan berubah mengikuti perkembangan situasi virus corona (Covid-19).

Baca juga: Naik Pesawat Garuda Bisa Sekalian Tes Rapid dan Swab, Apa Syaratnya?

Tangkapan layar unggahan Garuda Indonesia terkait APD yang digunakan oleh awak pesawat, Rabu (8/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Tangkapan layar unggahan Garuda Indonesia terkait APD yang digunakan oleh awak pesawat, Rabu (8/7/2020).

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, sempat menyinggung penggunaan APD kesehatan lengkap bagi awak kabin.

“Garuda tidak setuju dengan maskapai yang menerapkan APD kesehatan seperti AirAsia dan Emirates. Model pakaiannya tampak seperti astronot. Saya justru akan mempertanyakan ini di rumah sakit atau di pesawat?” kata Irfan dalam telekonferensi Indonesia Tourism Forum (ITF) beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan bahwa alasan penolakannya karena menurutnya, dunia penerbangan adalah sektor industri yang menyenangkan.

Baca juga: Apakah Benar Awak Kabin Garuda Indonesia Tak Akan Pakai APD?

Maskapai tersebut beberapa waktu lalu berencana untuk mengubah penggunaan APD menjadi penutup wajah. Hal ini lantaran Garuda Indonesia menerima keluhan penumpang.

Mereka mengaku tidak lagi bisa melihat senyum pramugari karena tertutup APD. Menanggapi hal tersebut, Garuda Indonesia memberi pernyataan melalui unggahan yang sama.

Dengan menggunakan masker untuk keselamatan Anda, Anda tetap dapat melihat senyum kami dari mata kami,” seperti tertera dalam unggahan tersebut.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X