Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Bali Dibuka Khusus Wisatawan Lokal Mulai Hari Ini

Kompas.com - 09/07/2020, 13:30 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali mulai membuka pariwisatanya mulai hari ini, Kamis (9/7/2020). Adapun pembukaan pariwisata hanya dikhususkan untuk warga Bali.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa melalui pesan singkat kepada Kompas.com.

"Benar, pariwisata di Bali buka hari ini untuk masyarakat lokal saja," kata Putu.

Baca juga: 3 Penginapan Murah di Bali yang Instagramable, Cuma Rp 200.000

Ia mengatakan, Bali juga telah melakukan persiapan untuk membuka kembali pariwisatanya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Protokol tersebut, kata dia, dipersiapkan secara tertib dan disiplin. Oleh karena itu, tempat wisata yang telah buka di Bali mulai hari ini juga dibatasi kunjungannya.

"Contohnya pantai, dibuka separuhnya dulu ya. Ini untuk mencegah kerumunan," ujarnya.

Melalui rilis yang diterima, Bali mulai hari ini juga memasuki tatanan kehidupan era baru untuk masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Baca juga: Pantai di Bali Dibuka Hari Ini, Pengunjung Maksimal 75 Orang

Terdapat tiga tahapan Provinsi Bali dalam memasuki tatanan kehidupan era baru yang dimulai hari ini. Berikut tiga tahapannya:

  • Tahap pertama
    Melaksanakan aktivitas secara terbatas dan selektif hanya untuk lingkup lokal masyarakat Bali, mulai tanggal 9 Juli 2020. Pada tahapan ini, sesuai arahan Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, pelaksanaan tatanan kehidupan era baru yang diizinkan terbatas hanya pada beberapa sektor seperti kesehatan,.

    Kemudian kantor pemerintahan, adat agama, keuangan, perindustrian, perdagangan, logistik, transportasi, koperasi, UMKM, pasar tradisional, pasar modern, restoran/warung, pertanian, perkebunan, kelautan/perikanan, peternakan, jasa dan konstruksi. Sementara itu sektor pendidikan dan sektor pariwisata nasional belum diberlakukan.

  • Tahap kedua
    Melaksanakan aktivitas secara lebih luas, termasuk sektor pariwisata, namun hanya terbatas untuk wisatawan nusantara, mulai 31 Juli 2020

  • Tahap ketiga
    Melaksanakan aktivitas secara lebih luas sektor pariwisata termasuk untuk wisatawan mancanegara mulai 11 September 2020

Tempat wisata pantai di Bali seperti Denpasar dan Badung juga mulai buka hari ini. Namun, pembukaan tersebut dilakukan secara protokol yang ketat.

Dikutip laman Tribunnews.com, salah satu protokol yang berlaku yaitu membatasi pengunjung pantai maksimal berjumlah 75 orang setiap titik pantai.

Baca juga: Bali Sambut Wisatawan Nusantara pada 31 Juli, Bagaimana Persiapannya?

Sebelumnya, Putu juga mengatakan Bali tengah melakukan persiapan guna membuat calon wisatawan merasa aman dan nyaman saat berlibur ke Bali dengan cara membuat sertifikasi di industri pariwisata.

“Di Bali sedang melakukan sertifikasi khusus untuk protokol new normal yang kita sebut Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Masyarakat Produktif Aman Covid-19,” kata Putu dalam webinar bertajuk “Strategi dan Program Clean, Health and Safety (CHS) Destinasi Pariwisata Pasca Pandemik”, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, sertifikasi tersebut bisa memberi keyakinan bahwa Bali mengedepankan kesehatan, serta keselamatan wisatawan selama era new normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com