Catat, Syarat Terbaru Wisata ke Banyuwangi

Kompas.com - 09/07/2020, 15:25 WIB
Turis di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafTuris di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kian gencar dalam memperketat protokol kesehatan untuk pembukaan pariwisatanya.

Hal itu tercermin dari peraturan baru yang mewajibkan wisatawan berasal dari luar Banyuwangi wajib melakukan rapid test terlebih dahulu sebelum berwisata.

Melihat akun Instagram @banyuwangi_tourism, hal ini dilakukan demi menunjang keamanan dan kenyamanan saat era new normal.

"Bagi kamu wisatawan yang akan melakukan tour wisata ke Banyuwangi diwajibkan menunjukkan surat bukti telah mengikuti Rapid Test dengan hasil non reaktif. Terlebih bagi kamu yang berasal dari luar daerah Banyuwangi," tulis akun @banyuwangi_tourism.

Baca juga: Keindahan Pantai Solong Banyuwangi yang Dikunjungi Jokowi

Adapun surat rapid test yang ditunjukkan nantinya kepada petugas di tempat wisata, harus dalam keadaan masih berlaku.

Kesiapan Banyuwangi dalam menyambut new normal juga telah diapresiasi sejumlah pihak di antaranya Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dalam kunjungannya, Kamis (25/6/2020).

Pemandangan dari balkon salah satu kamar di penginapan ILLIRA Hotel Banyuwangi yang berlokasi dekat dengan Pantai Solong, Banyuwangi.dok. Traveloka Pemandangan dari balkon salah satu kamar di penginapan ILLIRA Hotel Banyuwangi yang berlokasi dekat dengan Pantai Solong, Banyuwangi.

Jokowi meninjau beberapa tempat salah satunya Villa Solong di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Ia menilai Banyuwangi adalah daerah paling siap menerapkan protokol new normal.

"Hari ini saya melihat persiapan Banyuwangi menyiapkan menuju tatanan baru pariwisata. Saya lihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah paling siap menyiapkan menuju prakondisi, menuju normal baru" kata Jokowi dikutip dari rilis tertulis Pemda Banyuwangi.

"Peran pemerintah daerah, peran masyarakat, saya lihat di sini partisipasinya bagus sekali,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X