Kompas.com - 10/07/2020, 13:50 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah yaitu Bukit Rhema atau yang lebih dikenal Gereja Ayam, buka kembali, Jumat (10/7/2020).

Dilansir dari akun Instagram @bukitrhema, Gereja Ayam kembali buka setelah melakukan tiga kali simulasi yang juga melibatkan stakeholder.

Adapun stakeholder tersebut, seperti Pemerintah Borobudur yang terdiri dari Kecamatan Borobudur, Desa Karangrejo, Desa Kembanglimus, Puskesmas Borobudur, Kapolsek Borobudur, dan Danramil Borobudur.

Baca juga: Sensasi Wisata Alam, Rafting di Sungai Elo Magelang

Pembukaan ini juga berdasarkan izin dari Bupati Magelang yang menyatakan Gereja Ayam dapat buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mendapatkan Surat Keputusan Bupati untuk kembali buka dengan tujuh poin standar keamanan yang kami akan lakukan sebagai Standar Operasional Prosedural (SOP) penerimaan wisata di kawasan wisata Bukit Rhema," tulis akun tersebut.

Adapun protokol bagi pengunjung Gereja Ayam yakni, wajib memakai masker, suhu maksimal 37,5 derajat celcius, dianjurkan beli tiket online dan cashless jika di lokasi

Lalu, pengunjung diantarkan menggunakan Jeep ke lokasi dengan jumlah maksimal empat orang dalam satu mobil, wajib cuci tangan sebelum masuk ke gedung.

Saat masuk, ada pembatasan jarak tempat duduk baik di dalam gedung atau di tempat makan.

Pemandangan dari menara Gereja Ayam di Bukit Menoreh, Magelang, Jawa Tengah. Nampak bangunan Candi Borobudur di kejauhan.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Pemandangan dari menara Gereja Ayam di Bukit Menoreh, Magelang, Jawa Tengah. Nampak bangunan Candi Borobudur di kejauhan.

Bukit Rhema juga menuliskan bagi wisatawan yang sudah membeli tiket presale bisa melakukan redeem ke portal dan berkunjung.

Baca juga: Bukit Rhema Gereja Ayam Tutup Sementara Guna Cegah Penyebaran Corona

Sebelumnya, Bukit Rhema telah tutup selama hampir empat bulan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selama ditutup, tempat wisata yang populer sebagai lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 ini melakukan tindakan protokol kesehatan seperti menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area.

Supervisor Operasional Bukit Rhema, Edo mengatakan kebijakan penutupan ini diputuskan pengelola pada Selasa (17/3/2020).

"Selagi tutup kami akan melakukan kebersihan dan penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan," kata Edo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.