Gunung Gede Pangrango Buka Lagi, tapi Pendakian Belum Diizinkan

Kompas.com - 10/07/2020, 14:58 WIB
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANTaman Nasional Gunung Gede Pangrango


JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali membuka aktivitas wisata alam dan perkemahan di semua tempat mulai hari ini, Jumat (10/7/2020).

Adapun pembukaan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, menurut Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama TNGGP, Aganto Seno, wisata pendakian masih belum diperbolehkan.

Hal ini menyusul arahan dari pusat yang membolehkan pendakian satu hari atau one day trip.

"Pembukaan kembali TNGGP masih sebatas wisata alam dan perkemahan, sedangkan untuk pendakian masih belum kami buka kembali," kata Aganto melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Ia menerangkan, pendakian one day trip yang biasa dilakukan di TNGGP hanya aktivitas pelari saja, bukan pendakian gunung yang bisa memakan waktu lebih dari satu hari.

"Nah, sepertinya itu masih belum bisa diterapkan di kami. Hal ini terutama terkait arahan dari pusat bahwa pendakian yang diperbolehkan yang one day trip," ujarnya.

Baca juga: Menikmati Kesejukan Gunung Gede

Pembukaan kembali wisata alam dan perkemahan TNGGP juga tertuang dalam Surat Edaran (SE) 764/BBTNGGP/Tek.2/7/2020. Dalam SE tersebut, ditulis bahwa pembukaan ini dalam rangka menggerakkan kembali perekonomian dari sektor wisata alam, pemulihan kondisi psikologis masyarakat pasca isolasi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X