Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Terbaru Menginap di Hotel Yogyakarta bagi Wisatawan Luar Daerah

Kompas.com - 10/07/2020, 15:59 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo menganjurkan wisatawan yang menginap di hotel diimbau membawa surat keterangan sehat.

"Bagi wisatawan dari luar DIY yang akan ke Jogja, (diharapkan) membawa surat keterangan sehat. Hal ini berlaku sementara dan akan dilakukan evaluasi sesuai perkembangan situasi," kata Singgih saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

"Surat keterangan sehat bisa diperoleh dari Puskesmas, Rumah Sakit, terutama yang berasal dari zona merah, ini kan untuk kita antisipasi," lanjutnya.

Singgih menerangkan, aturan ini sebenarnya sudah meringankan wisatawan, karena sebelumnya beragam peraturan terutama bepergian yang harus membawa surat rapid test non reaktif atau swab test.

Baca juga: Liburan ke Yogyakarta? Ini Protokol Kesehatan Tempat Wisata di Yogyakarta

Sementara itu, untuk tempat wisata belum diterapkan kelengkapan surat sehat bagi wisatawan yang berkunjung.

Namun, Singgih tak memungkiri apabila surat keterangan sehat dapat diterapkan di tempat-tempat wisata nantinya.

"Saya juga berharap apabila surat keterangan sehat ini juga diterapkan di tempat wisata. Saat ini tempat wisata masih menggunakan protokol kesehatan seperti mewajibkan menggunakan masker, cek suhu tubuh wisatawan, jaga jarak dan lainnya," jelasnya.

Monumen Tugu Yogyakarta, tempat wisata populer di Kota Gudeg. DOK. BIRO KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAREKRAF Monumen Tugu Yogyakarta, tempat wisata populer di Kota Gudeg.

Ia juga menjelaskan beberapa tempat wisata terutama di Kota Yogyakarta sudah menggunakan tracing dan sistem barcode yang mengatur pembatasan kunjungan seperti contohnya di Taman Sari.

Beberapa tempat wisata di Yogyakarta, ujarnya, masih dibuka dalam tahap uji coba yang mana dilakukan secara bertahap dan belum menyeluruh.

"Tempat wisata di Yogyakarta belum sepenuhnya buka, maka kami katakan ini masih tahap uji coba kunjungan secara terbatas. Kami akan evaluasi lagi nantinya," jelas Singgih.

Baca juga: Mau Jalan-jalan di Malioboro? Simak Panduan Protokol Kesehatannya

Sebelumnya, dikutip Antara, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengimbau wisatawan dari luar DIY setidaknya membawa surat keterangan sehat.

"Menuju masa normal baru, tantangan terbesar untuk mengendalikan kasus Covid-19 adalah dantangnya orang dari luar daerah, misalnya wisatawan," kata Heroe di Yogyakarta, Senin (6/7/2020).

Oleh sebab itu, wisatawan yang berasal dari luar Yogyakarta dan hendak menghabiskan waktu dengan menginap di Yogyakarta, baik hotel maupun tempat keluarga, akan lebih baik jika membawa surat keterangan sehat dari daerah asal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com