Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Pelikan dan Elang Brontok di Taman Burung TMII

Kompas.com - 10/07/2020, 17:41 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu tempat wisata luar ruangan yang diizinkan untuk buka kembali sejak 20 Juni 2020.

Kompas.com berkesempatan untuk mengunjunginya pada Minggu (5/7/2020). Sebelum membeli tiket, pengunjung harus mencuci tangan terlebih dahulu di wastafel yang terletak dekat dengan patung burung raksasa.

Baca juga: Berkunjung ke Anjungan Bali TMII, Obat Rindu Liburan ke Bali

Selanjutnya, pengunjung akan diarahkan ke tempat pembelian tiket yang sudah diberi tanda agar menaati aturan jaga jarak jika terjadi antrean.

Namun saat saya berkunjung ke sana, pengunjung yang membeli tiket hanya satu orang saja sehingga tidak terjadi penumpukan.

Setelah itu, pengunjung diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki area Taman Burung. Usai memasuki area, pengunjung bebas berkunjung ke setiap titik wahana tersebut.

Kubah barat dan timur

Ketika memasuki area Taman Burung, kamu bisa pilih jalur ke arah kiri untuk mulai menjelajahi Kubah Timur dan Kubah Barat.

Kubah-kubah tersebut dapat dikatakan sebagai ikon dari tempat wisata ini karena bentuknya yang sangat besar. Jika dilihat dari ketinggian, kubah-kubah tersebut terlihat sangat menarik.

Saya mencoba untuk memasuki Kubah Barat. Saya harus melewati sebuah pintu yang memiliki tirai rantai terlebih dahulu.

Daftar peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Daftar peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).
Setelah masuk, saya langsung disambut oleh sebuah papan peringatan di jalur ke arah kanan yang berisi aturan yang harus ditaati oleh pengunjung.

Adapun peraturan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Tidak makan dan minum.
  2. Tidak merokok.
  3. Tidak membuat suara keras dan tiba-tiba berlarian.
  4. Tidak mengambil apapun (bulu burung, tanaman, dan buah).

Taman Burung menyediakan beberapa tempat cuci tangan berwarna biru. Sejumlah wastafel tersebut bisa di temukan di setiap sisi jalan.

Hal tersebut guna memudahkan wisatawan untuk terus mencuci tangan demi menjaga kebersihan dan kesehatan.

Salah satu burung yang tidak berada di dalam kandang di Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu burung yang tidak berada di dalam kandang di Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).

Burung di luar kandang

Sebelum berkunjung ke Taman Burung, saya mengira bahwa seluruh burung di sini berada di dalam kandang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com