Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Kurma Terluas di Aceh Buka Kembali untuk Wisatawan

Kompas.com - 10/07/2020, 19:00 WIB
Masriadi ,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


ACEH BESAR, KOMPAS.com – Kebun kurma terluas di Aceh kembali dibuka untuk wisatawan. Terlihat di lokasi, puluhan wisatawan dari berbagai Aceh memadati ribuan hektare kebun kurma yang terletak di Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh itu.

Sebelumnya, kebun kurma ini ditutup pemiliknya seiring merebaknya virus corona atau Covid-19 di Aceh. Untuk masuk ke lokasi, wisatawan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat.

Baca juga: Asal-usul Kurma Tropika di Indonesia dan Lokasi Budidayanya

Muhammad, salah seorang pekerja, di lokasi, Jumat (10/7/2020) menyebutkan kebun kurma itu kembali dibuka seiring diberlakukannya new normal (tatanan kehidupan baru) di Aceh.

Tersedia kafe yang menyediakan penganan dan minuman untuk pengunjung. Wisatawan juga bisa naik kuda, motor, dan wahana lain untuk berkeliling kebun. Seluruhnya dikenakan biaya tambahan.

Wisatawan dari berbagai Aceh memadati ribuan hektare kebun kurma terbesar di Krueng Raya, Kabupaten Aceh BesarKOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan dari berbagai Aceh memadati ribuan hektare kebun kurma terbesar di Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar

Sejumlah spot foto tersedia menarik bagi wisatawan. Tak sedikit pula, wisatawan hanya datang untuk berfoto karena enasaran akan keindahan kebun kurma yang tersohor itu.

“Kami sediakan kurma muda juga,” kata Muhammad berpromosi.

Dia menyatakan, kurma muda itu bahkan telah dijual ke sejumlah daerah di tanah air. Diyakini kurma muda ini baik untuk kesehatan reproduksi wanita.

“Kami buka dari pagi hingga menjelang magrib,” sebut Muhammad.

Baca juga: Jangan Sampai Berkutu dan Berjamur, Begini 4 Cara Tepat Menyimpan Kurma

Untuk menuju ke lokasi itu, silakan menggunakan rute Lapangan Udara Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Ikuti jalan di markas TNI Angkatan Udara. Jalanan mulus nan mendaki plus menurun itu mewajibkan kamu berhati-hati berkendara.

Di sisi kanan kiri jalan, terlihat tulisan kebun kurma. Di situlah lokasi tersebut. Udara sejuk menemani pengunjung selama berada di kebun itu. Penasaran, silakan berkunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com