Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Unik Serbia, Ada Salah Satu Kota Tertua di Eropa

Kompas.com - 11/07/2020, 08:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

Sumber Serbia.com

KOMPAS.com – Serbia terkenal akan ibu kotanya, Belgrade, yang merupakan salah satu kota tertua di Eropa.

Baca juga: 15 Negara Ditandai Aman Masuk Eropa, Apakah Indonesia Termasuk?

Namun negara tersebut juga memiliki banyak fakta menarik lainnya. Berikut 7 fakta unik Serbia yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020):

1. Ada sungai bernama “Tahun”

Salah satu sungai di Serbia memiliki nama Vrelo. Namun, sungai tersebut kerap disebut “Tahun”, atau Godina dalam bahasa Serbia, oleh warga setempat.

Hal tersebut karena sungai yang terletak di perumahan Perucac, Bajina Basta memiliki panjang 365 meter. Sama seperti jumlah hari dalam satu tahun.

2. Seluruh desa terbuat dari batu

Seluruh bangunan yang berada di dalam desa bernama Gostusa di kota Pirot, benar-benar terbuat dari batu, lumpur, dan bahan-bahan alami.

Kamu bisa melihatnya saat berkunjung ke lereng pegunungan Balkan, tepatnya di timur danau Zavoj. Selain menikmati pemandangan yang masih asri, kamu bisa lihat keunikan bangunan-bangunan yang dari salah satu desa tertua di Pirot.

3. Hanya punya satu hutan hujan

Jika kamu seorang pecinta alam, mungkin kamu tertarik untuk berkunjung ke satu-satunya hutan hujan di Serbia bernama Vinatovaca.

Hutan yang terletak di gunung Kucaj, Despotovac tersebut dipenuhi oleh pepohonan beech yang rindang. Hal ini karena pepohonan sudah tumbuh selama lebih dari 350 tahun.

Satu-satunya hutan hujan di Serbia bernama Vinatovaca.Serbia.com Satu-satunya hutan hujan di Serbia bernama Vinatovaca.

Hingga saat ini, tidak ada satu pun pepohonan yang ditebang atau dipindahkan. Jika ingin berkunjung, kamu harus mengurus perizinan terlebih dahulu ke Serbian Institution for Nature Protection.

Sebab, hutan Vinatovaca merupakan hutan lindung dengan penjagaan yang sangat ketat. Hal ini dilakukan guna meminimalisir adanya gangguan dari manusia.

4. Ada legenda tentang lebih dari 200 menara batu

Dahulu, terdapat sebuah legenda tentang formasi batu yang terbentuk di salah satu dari delapan keajaiban alam Serbia bernama Djavolja Varos, atau Devil’s Town.

Halaman:
Sumber Serbia.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com