4 Penyebab Belitung Gagal Raih UNESCO Global Geopark 2020

Kompas.com - 11/07/2020, 20:09 WIB
Pantai Tanjung Kelayang, Belitung ShutterstockPantai Tanjung Kelayang, Belitung

BELITUNG, KOMPAS.com - Geopark Belitong di Kepulauan Bangka Belitung belum berhasil meraih UNESCO Global Geopark (UGG) 2020.

Destinasi dari Negeri Laskar Pelangi harus legowo dengan terpilihnya Kaldera Toba mewakili Indonesia. Sebelumnya Geopark Belitong dan Kaldera Toba merupakan dua nominator untuk UGG 2020.

Wakil Bupati Isyak Meirobie mengklaim bahwa sejumlah kendala telah dilakukan perbaikan. Seperti soal batas wilayah yang diungkapkan saat sidang di Lombok, sudah dilengkapi dan dikirim ke UNESCO.

Baca juga: Tak Berhasil Raih UNESCO Global Geopark, Belitung Berharap Bantuan Diplomasi

"Kami di daerah sangat siap. Geopark Belitong dibangun secara buttom up. Kelompok dan komunitas masyarakat dengan sadar bertransformasi ekonomi ke pariwisata berbasis taman dan kelestarian bumi ini," kata Isyak dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/7/2020).

Selama proses pencalonan dan verifikasi, ada empat persoalan yang dihadapi Geosite Belitong.

Pertama, batas wilayah geosite masih simpang-siur karena mencakup wilayah Belitung dan Belitung Timur.

Kedua, pengusulan Geosite Belitong masih terbilang baru sehingga tidak cukup waktu untuk melakukan persiapan dan pangajuan aplikasi perbaikan.

Kawasan ini mulai diajukan untuk Geopark Nasional sejak 2016. Berbeda dengan Kaldera Toba sudah dirintis sejak 2009.

Ketiga, Geosite Belitong masih kekurangan tim promosi internasional untuk melakukan diplomasi dan menjelaskan pentingnya Geosite Belitong sebagai taman bumi untuk ditetapkan di UGG.

Serangkaian penilaian juga dilakukan di luar negeri seperti Korea Selatan, Perancis, dan Swiss.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X